Tanggul Jebol, Puluhan Rumah Warga Baleha Tergenang Air

 

Reporter: Nai Am

SANANA,AM.com-Puluhan rumah warga di Desa Baleha Kecamatan Sulabesi Timur, Kepulauan Sula (Kepsul) tergenang air lantaran diguyur hujan deras. Senin, (27/6/2022) siang tadi.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepsul, Buhari Buamona. Menurutnya, banjir terjadi sekitar pukul 10.00 hingga 11.00 WIT, sehingga menyebabkan sekitar 20 rumah warga setempat dan bangunan sekolah PAUD terendam banjir.

Meskipun demikian, namun Buhari mengaku, tidak ada korban jiwa.

“Jadi, tinggi air yang merendam rumah warga tadi sekitar 1 meter. Tidak ada korban jiwa, namun mengalami kerugian harta benda,” katanya.

Buhari menyebutkan, banjir yang merendam puluhan rumah warga ini akibat tanggul penahan banjir di belakang kali Baleha jebol, akibatnya air mengalir masuk ke tengah-tengah rumah warga.

“Beberapa hari kemarin pernah banjir. Namun, banjir kali ini lebih parah dari banjir sebelumnya,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, lanjut Buhari, pihaknya akan melakukan normalisasi terhadap kali tersebut dan membangun tanggul darurat.

“Dalam waktu dekat, besok atau lusa, kita akan menurunkan alat berat untuk segera dikerjakan,” ungkapnya mengakhiri. (Am)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA