Tingkatkan Respon Cepat, Satpol PP Kota Ternate Buka Layanan Pengaduan

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Satuan Polisi Pamon (Satpol PP) Kota Ternate membuka layanan pengaduan masyarakat melalui satpolpp_ternate (Instagram) dan Praja Wibawa Ternate (Facebook).

Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan respons cepat dalam keamanan dan ketertiban di Wilayah Kota Ternate.

Kasatpol PP Kota Ternate, Fhandi Mahmud mengatakan, selaku penega Peraturan Daerah (Perda) diberikan kewenangan agar Kota Ternate selalu kondusif.

“Sehingga kami selalu intens melakukan pengawasan melalui patroli sejak pagi hingga sore, bahkan malam hari,” ucap Fhandi pada Rabu (22/6/2022).

Ia menuturkan, pihaknya selalu membuka ruang bagi masyarakat untuk menyampaikan laporan terkait dengan tindakan atau kondisi yang dinilai meresahkan masyarakat ataupun lingkungan.

Kata dia, dalam pengawasan bukan saja Satpol PP melainkan pihak Kecamatan dan Kelurahan. Dengan harapan bisa menjaga lingkungannya masing-masing.

“Jadi jika ada tindakan-tindakan yang dapat mengganggu ketertiban di wilayah Kota Ternate, maka saya harap jangan sungkan-sungkan untuk melaporkan hal tersebut ke pihak yang berwenang. Baik ke Satpol PP maupun kepolisian,” tuturnya.

Lanjut dia, kepedulian secara bersama, penting untuk dilakukan. Supaya bisa menekan tingkat kenakalan remaja atau oknum-oknum tertentu.

“Kalau kita sama-sama peduli dengan lingkungan kita masing-masing maka saya yakin, kenakalan kenakalan itu bisa kita cegah,” ucapnya.

Fhandi bilang, harapan Wali Kota Ternate M Tauhid Soleman, bahwa setiap ASN diharapkan mampu menjaga lingkungannya masing-masing. Baik menjaga untuk selalu bersih, dan ketentraman.

Fandi juga menyampaikan apresiasi terhadap pihak-pihak yang sejauh ini sudah membantu Satpol PP dalam hal melakukan penertiban. Salah satunya melalui laporan-laporan yang disampaikan.

“Kepada para pelaku usaha, elemen masyarakat, hingga ibu-ibu yang sering menyampaikan informasi terkait aktivitas dan perilaku menyimpang anak-anak remaja atau oknum tertentu, saya sangat berterima kasih.”

“Saya harap yang lain juga demikian, jangan sungkan-sungkan untuk memberikan informasi ke kita,” harapnya.

Fhandi juga mengatakan, sepatutnya orang-orang yang sering menyampaikan informasi harus diberikan reward atau penghargaan. Sehingga semua orang termotivasi untuk memberikan informasi.

“Maka dari itu kita sedang mencari bentuknya seperti apa terkait dengan reword atau penghargaan itu. Pada intinya Kota Ternate akan tentram dan aman bilamana semua orang memiliki tanggungjawab dan kepedulian yang sama,” katanya.

Selain itu, Ia memberikan apresiasi kepada pihak Kepolisian yang selalu memantau aktivitas Satpol PP.

Pihaknya juga berkomitmen, bahwa saat penangkapan diserahkan langsung ke Kepolisian untuk dilakukan pembinaan, khusunya laki laki.

“Sementara untuk perempuan kita akan serahkan ke DP3A, juga untuk dibina,” terangnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA