Dorong Inovasi OPD, Balitbangda Buat LINOID

 

Reporter: Ong Rasai 

SOFIFI,AM.com – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Maluku Utara terus berupaya meningkatkan daya inovasi di lingkup Pemerintah Provinsi, salah satunya dengan kegiatan Lomba Inovasi Daerah lingkup OPD (Linoid).

“Kegiatan ini sebenarnya sudah dirancang sejak 2 tahun lalu, hanya saja terkendala COVID sehingga baru bisa dilaksanakan saat ini, kegiatan ini juga dilakukan secara nasional oleh Kemendagri,” ungkap Kepala Balitbangda Pemprov Malut, Mulyadi Wowor saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (22/6/2022).

Menurutnya, OPD yang ada di Pemprov Malut sebenarnya sudah banyak melakukan inovasi, hanya saja banyak yang tidak dilaporkan atau menginput ke Kemendagri sehingga index inovasi di daerah dinilai rendah.

“Tim kami sebenarnya sudah turun ke tiap-tiap OPD untuk membantu melaporkan ke Kemendagri, hanya saja karena pada tahun 2020 dan 2021 itu ada yang namanya Work From Home sehingga yang bersangkutan tidak dapat atau sulit ditemui,” ungkap mantan Kadis Koperasi dan UMKM Malut ini.

Mulyadi bilang, Balitbangda ditunjuk sebagai koordinator inovasi bagi seluruh OPD sehingga saat mendapati nilai indeks inovasi rendah oleh Kemendagri, pihaknya akan berupaya untuk lebih giat mengawal inovasi di tiap-tiap OPD sekaligus memastikan proses penginputan data inovasi ke Kemendagri.

“Linoid ini sebagai trigger atau pendorong agar OPD bisa lebih berinovasi lagi, Kita sudah bentuk tim untuk klinik inovasi, sebagai tempat bagi OPD untuk datang berkonsultasi terkait dengan program inovasi yang dilakukan,” ungkapnya.

Olehnya itu, program Linoid diluncurkan sebagai pemicu agar OPD dapat memaksimalkan inovasi di bidang kerjanya masing-masing.

“Saat ini pendaftaran sudah dibuka, dan kami telah menyurat ke tiap OPD. Nantinya pengumuman pemenang tepat di tanggal 17 Agustus,  kita harapkan ini menjadi pemicu daya inovasi di daerah,” harapnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA