Alumni GMNI, Deklarasi Pembentukan DPC PA GMNI Pulau Taliabu

BOBONG,AM.com – Puluhan alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) yang berdomisili di daerah Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab),Maluku Utara (Malut) mengadakan deklarasi bersama pembentukan Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI).

PA GMNI Kabupaten Pultab melaksanakan deklarasi dengan mengusung tema “Machtsvorming Jalan Perjuangan Marhaen Taliabu” di Caffe Liang Haya, Sabtu (18/6/2022) waktu setempat.

Sejumlah kader-kader eks GMNI di masanya dari berbagai kampus yang tersebar dari seluruh wilayah Indonesia itu hadir dan tampak bersemangat.

Sebagai anak-anak ideologis Bung Karno itu, para alumni GMNI dari berbagai kampus ini memang dikenal getol dengan watak nasionalismenya.

Selaku Ketua PA GMNI Kabupaten Pultab, Karnudin La Kudu menerengkan PA GMNI merupakan wadah yang menghimpun para alumni GMNI untuk terus bergerak dan berjuang dalam menuntaskan cita-cita marhaenisme.

“Sebagai kader nasionalisme yang lahir dari rahim GMNI kami menetapkan pancasila sebagai ideologi kelembagaan serta rujukan para kader dan almuni dalam mewujudkan cita-cita marhaenisme,”.ungkapnya

Karnudin menambahkan bahwa terkait tema kegiatan ini,diangkat berdasarkan kondisi sosial masyarakat Pultab yang dimana muncul krisis kepercayaan terhadap pemerintah.

“Karena kemelut menurunya kepercayaan publik terhadap pemerintah sekarang ini telah nampak jelas dimana salah indikatornya adalah kehendak rakyat terhadap perubahan yang tidak dijalankan oleh pemegang kekuasaan,” tegasnya

Sehingga melalui kegiatan deklarasi PA GMNI Kabupaten Pultab ini, kader-kader nasionalisme harus turut memberikan solusi alternatif terhadap perubahan Taliabu kedepanya.

“Salah satu solusi alternatif yang kami tawarkan adalah konsep machtsvorming yang pernah di tawarkan oleh bung Karno untuk mewujudkan perubahan sosial masyarakat” ungkap Karnudin.

Konsep machtsvorming merupakan satu kesatuan penggabungan kekuatan, pendistribusian kekuatan, mengorganisir kekuatan, menduplikasi agenda juang perubahan untuk merebut dan membentuk kekuasaan yang betul- betul secara konsisten memihak pada kepentingan kaum marhaen.

Dan untuk mencapai tujuan yang tertuang dalam deklarasi ini, PA GMNI hadir untuk menguatkan gerakan kelembagaan front Marhaenisme meneruskan cita-cita amanat perjuangan revolusi proklamasi 1945 dimana Sosio Nasionalisme, Sosio Demokrasi dan gotong royong dijadikan sebagai barometer arah dan haluan gerakan perubahan.

Sebab, kemenangan front marhaenisme adalah sebuah keniscayaan yang nantinya akan menjadi kemenangan yg pada hakikatnya mencapai masyarakat adil makmur.

Dalam sambutanya Karnudin La Kudu selaku Ketua PA GMNI Pultab mengucapkan terima kasih yg setinggi-tingginya kepada Ketua Umum, Sekretaris Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PA GMNI Maluku Utara, Ketua DPD sulteng Bung Ade Putra Ode Amane dan Tokoh Muda Pulau Taliabu Bung Budiman L. Mayabubun yang telah mensupport terlaksananya deklarasi pembentukan PA GMNI Kabupaten Pultab.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA