Sandiaga Uno Dorong Geopark Batu Angus Kota Ternate ke UNESCO

 

Reporter: Diman Umanailo

TERNATE,AM.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Geopark Batu Angus. Sandiaga yang didampingi Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Rizal Marsaoly itu, medorong Geopark Batu Angus Kota Ternate ke UNESCO.

Sandiaga menyampaikan, Kemenparekraf telah menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2020 tentang pedoman tekhnis pengembangan geopark sebagai destinasi pariwisata.

“Mudah-mudahan, ini bisa dipatuhi untuk memenuhi prinsip-prinsip destinasi pariwisata berkualitas dan berkelanjutan membangun geopark sebagai destinasi pariwisata yang kompetitif dan bekerlas dunia,” ujarnya.

Menurut dia, membangun destinasi wisata tidak banyak mengeluarkan biaya, karena sang pencipta sudah menghadirkan suatu fenomena alam yang sangat luar biasa untuk dijaga. Olehnya itu, dirinya sangat mendukung aspiring geopark Ternate ke UNESCO.

Ia mengatakan, memajukan pariwisata di Ternate harus menjaga lingkungan, konservasi, edukasi dan kesejahteraan masyarakat.

“Percuma ada geopark, kalau masyarakat tidak sejahtera. Bahkan, pengembangan geowisata ini harus melibatkan UMKM dan wisata alam lainnya yang terintegrasi dan terimplementasi dengan baik,” ucapnya.

“Standar UNESCO, geopark wajib mengedepankan konservasi dan edukasi yang dikelola dengan prinsip pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat, jangan sampai nanti justru mereka yang terpinggirkan, karena konsepnya adalah geowisata,” jelasnya.

Lanjutnya, di kawasan geopark ini, juga didukung pengembangan kekuatan pariwisata nasional yang mengedepankan budaya setempat.

“Tarian harus dilestarikan dan lingkungan dalam konsep berkelanjutan dan berkualitas termasuk flora dan fauna yang endemik. Kita inovasi, adaptasi, kolaborasi, kita ciptakan pembangunan kelanjutan, berintegrasi dengan kolaborasi, sehingga semua unsur harus dilibatkan,” tuturnya.

Tak hanya itu, Sandiaga juga mendorong untuk mengembangkan kampung wisata di sekitar Batu Angus, karena akan menopang dan membuka lapangan kerja.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, harapan Pemerintah Kota Ternate harus mendorong warisan geologi dan terus dikemas untuk menjadi nilai ekonomis.

“Banyak tahapan cara kita tempuh ke sana, hari ini tahapan sudah masuk di aspiring untuk skala nasional, tinggal tim penilai datang kesini untuk melakukan verifikasi faktual sebagai dasar untuk diusulkan ke UNESCO,” ujarnya.

Ia menyebutkan, memperkenalkan geopark Ternate masuk ke UNESCO itu persaingannya cukup ketat, sehingga dibutuhkan pembenahan beberapa fasilitas di tahun ini.

“Saya berikan apresiasi ke Menteri dan seluruh jajarannya, dimana site board yang kita susun tadi yaitu site board yang memberikan sebuah gambaran, inilah geopark Ternate. Ada ruang yang terbentuk dengan segala fungsi dan disusun sesuai peruntukannya,” jelasnya.

Meski begitu, Rizal yakin bahwa suatu saat nanti akan menjadi pusat perekonomian jika sudah ditetapkan oleh UNESCO.

“Lebih penting yang dikatakan Pak Sandiaga Uno, ada tiga pilar pengembangan geopark, yakni konservasi, edukasi dan pemberdayaan ekonomi terutama UMKM,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA