Menparekraf Sandi Uno Motivasi Mahasiswa Unkhair jadi Penggerak Ekonomi Kreatif

TERNATE,AM.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, memberikan kuliah umum dan pelatihan strategi di hadapan ratusan mahasiswa dan civitas akademika Universitas Khairun Ternate dengan tema “Digital Marketing Parawisata Dan Ekonomi Kreatif” bertempat di Aula Nuku Unkahir Ternate, Kamis (16/6/2022)

Dalam penjelasanya, Sandi mengatakan untuk menjadi entrepreneur yang sukses dibutuhkan kreativitas, inovasi dan kemampuan daya saing yang kuat.

“Hari ini UMKM telah menciptakan 62 persen geliat ekonomi kita, terutama di Maluku Utara dan sektor yang sekarang lagi booming adalah parawisata dan ekononi kreatif. memang ada ekonomi ekstra aktif tetapi teman-teman dari Gegraf sedang mengupayakan bagaimana ekonomi kreatif mulai bertransisi mengambil peran dari ekonomi ekstra aktif,” jelasnya.

Sandiaga Mengatakan, kalau mau sukses berarti harus menciptakan lapangan kerja karena masih banyak tantangan dan halangan yang dihadapi.

“Saya saat memulai usaha saya karena saya di PHK, 25 tahun yang lalu saya kehilangan pekerjaan dan penghasilan, Alhamdulillah justru karena kehilangan pekerjaan terebut saya mendapat berkah kemudian mendapatkan usaha dan memulai dari tiga orang karyawan dan sekarang telah berkembang dan membuka lapangan kerja bagi 30.000 karyawan di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Memulai semuanya, kata Sandiaga dengan niat luhur bahwa kita ingin menggerakan perekonomian membangun Indonesia yang sejahtera, adil dan makmu.

“Baidatun taybatun wallabbulgafur dengan memulai dengan geliat usaha dengan konsep untuk membukan peluang kerja yakni syaratnya harus inovatif, adktif, kolaboratif,” sebutnya.

Menurutnya, setiap aspek dalam kehidupan penuh dengan resiko, jika kita mau sukses berarti kita harus memulai dari kegagalan, sebab ingin sukses tapi tidak mau gagal berarti tidak akan pernah sukses, karena kegagalan adalah sebuah anak tangga untuk menuju kesuksesan.

“Semua bermula dari niat, inovasi, adaptasi dalam 4 As yang pertama kerja keras. Sebab tanpa kerja keras kita tidak akan pernah sukses, yang kedua kerja cerdas yakni gunakan ilmu pengetahuan dan teknologi, gunakan digitalisasi dan gunakan digital marketing. yang ketiga kerja tuntas sebab tidak akan sukses apabila kita tidak selesaikan tugas sacara tuntas. Keempat kerja ikhlas yakni berikan yang terbaik dan serahkan yang Maha Kuasa,” ungkapnya.

Diakhir penyampaian kuliah umum, Menteri Parekraf ini menutupnya dengan sebuah Pantun “Pergi ke laut menagkap kepiting, kepiting di masak didalam panci, melalui pelatihan tekhnik paketing digital marketing, tingkatkan SDM Universitas Khairun yang berdaya saing tinggi.”

Kuliah Umum tersebut turut dihadiri Rektor Unkhair Ternate Dr.Rida Adjam, Asisten II Setda Malut Ir. Sri Hatari, Kadis Parawisata Provinsi Malut Tahmid Wahab, S.Sos. Sekda Pulau Taliabu, Dr.Salim Ganiru, para wakil rektor, Dekan dan pejabat Unkahir lainnya. (Adpim)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA