Kades Loleo Jaya Dan Sangowo Timur Akhirnya Dilantik

 

Reporter: Maulud Rasai

MOROTAI,AM.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pulau Morotai akhirnya usai, karena kedua Desa yang terseret dalam sengketa pilkades yakni Desa Sangowo Timur Kecamatan Morotai Timur (Mortim) dan Desa Loleo Jaya Kecamatan Morotai Utara (Morut), Kepala Desanya sudah resmi dilantik oleh Pejabat (Pj) Bupati Pulau Morotai, Muhammad Umar Ali.

Dua Kades terpilih hasil sengketa beberapa waktu lalu itu dilantik berdasarkan keputusan Bupati Morotai Nomor: 141/533/KPTS/PM/2022, dan Nomor: 141/534/KPTS/PM/2022 Tentang pengesahan dan pengangkatan kepala desa terpilih Kabupaten Pulau Morotai periode 2022-2028.

Kades Loleo Jefri M. Pelafu dan Kades Sangowo Timur Suhud Musapao, usai dilantik kepada media ini mengucapkan terima kasih kepada warga Desa Loleo Jaya dan Desa Sangowo Timur atas amanah yang dititipkannya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah memberikan amanah dan atas berkat kepercayaan warga setempat sehingga kami bisa menduduki jabatan ini,” ucap Jefri dan Suhud.

Demi kemajuan desa yang dipimpinnya, Kedua Kades itu juga berharap agar seluruh masyarakat hidup dengan rukun dan bersama-sama mengawal Program Desa.

“Mulai sekarang, marilah kita dengan penuh semangat bersama-sama untuk membangun Desa yang kita cintai ini. Saatnya kita harus bersatu-padu untuk berbenah agar pembangunan di desa agar apa yang kita inginkan bisa terwujud,” ajaknya.

Tidak hanya itu, kedua Kades itu juga berharap agar dengan berakhirnya pesta demokrasi tersebut berakhir pula perbedaan-perbedaan diantara sesama dan kembali mengedepankan rasa kekeluargaan dan kerukunan untuk bekerja bersama dalam membangun desa.

“Pesta demokrasi dalam Pilkades sudah selesai, sekarang saatnya kita bersatu, tidak ada lagi kubu A, dan kubu si B. Yang ada bagaimana kita bersama-sama hidup rukun, bahu-membahu dalam membangun dan memajukan Desa,” harap keduanya.

Pj. Bupati Morotai, Muhammad Umar Ali, usai pelantikan dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada kedua Kades yang baru dilantik.

“Saya ucapakan selamat atas pelantikan saudara berdua sebagai kepala desa baik Desa Sangowo Timur dan Desa Loleo Jaya sebagai Kades terpilih. Selamat menjalankan amanah masyarakat di desa dan selamat menjadi pelayan yang sesungguhnya,” ucapnya.

Usai memberikan selamat kepada kedua Kades Terpilih, dirinya juga mengingatkan bahwa sebagai bentuk perbedaan pilihan dan pendapat wajib diposisikan dalam sebuah harmoni berpemerintahan,

“Kalian sudah menjadi kepala desa seutuhnya. Jadi tolong menjadi kepala desa untuk semua rakyat di desa,” harapnya.

Menurutnya, kehadiran pemimpin di desa harus membawa kesejukan dan kedamaian layaknya seorang pamong yang mengembang tugas pengayoman.

Sebab, kata dia, Segala bentuk tata kelola pemerintahan desa memiliki ketentuan dan norma yang diatur dengan jelas dalam peraturan perundang-undangan.

“Sebab apa yang saudara-sauadat putuskan dalam dalam kebijakan maupun kebijaksanaan mengandung dua unsur pertanggungjawaban. Pertama terhadap Tuhan dan yang kedua adalah manusia, sebagaimana sumpah/janji yang telah saudara ucapkan tadi,” tuturnya. (lud)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA