Pulau Taliabu Tertinggi Angka Imunisasi Rubella dan IDL

 

Reporter: Slamet

BOBONG,AM.com – Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu lambung 9 Kabupaten/kota lain di Maluku Utara dalam Capaian Imunisasi campak-Rubella dan Imunisasi Daftar Lengkap (IDL) dengan angka fantastis 24,1 persen per tanggal 31 Mey 2022 akhir bulan lalu.

Hal itu berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia terkait pencapaian Imunisasi tambahan campak Rubella di Maluku Utara.

Data tersebut tertera Kabupaten Pulau Taliabu berada pada skor tertinggi se provinsi Maluku Utara dengan jumlah capaian Imunisasi Rubella 24,1 persen dari jumlah 15.058 anak yang wajib imunisasi terhitung dari usia nol sampai 6 tahun.

Jika dibandingkan dengan sembilan Kabupaten/kota lain di Maluku Utara, tentu capaian Imunisasi Rubella dan IDL di Pulau Taliabu jauh lebih unggul sebab 9 kabupaten/kota lain di Malut masih berada pada angka dibawah 2 persen.

Menanggapi hasil capaian sementara itu, Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly ketika dikonfirmasi media ini membenarkan bahwa capaian Imunisasi daftar lengkap dan imunisasi kejar IDL kabupaten Pulau Taliabu saat ini mengungguli 9 Kabupaten/kota lain.

Hasil capaian tersebut kata dia merupakan hasil dari komitmen bersama yang terbangun melalui Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) serentak di seluruh puskesmas yang tersebar di 8 kecamatan pulau Taliabu baru baru ini bersama ketua TP PKK Kabupaten Pulau Taliabu, Zahra Yolanda Aliong Mus.

“Untuk hasil sementara Taliabu masih di atas kabupaten lain, ini adalah bentuk dari komitmen bersama untuk mensukseskan kegiatan Bulan Imunisasi anak Nasional. dan TP PKK selalu terdepan menjadi mitra dinas kesehatan dalam hal ini,” bebernya jumat (02/06/2022) kemarin

Sesuai target, Kuraisia yakin dapat mencapai sasaran, untuk itu, dirinya menyampaikan
Terima kasih kepada semua stakeholder yang sangat berperan aktif dalam pelaksanaan bulan Imunisasi anak Nasional terkhusus kepada ketua TP PKK sekaligus Duta cegah Stunting Kabupaten Pulau Taliabu, Zahra Yolanda Aliong Mus.

“Terima kasih kepada semua stakeholder, terkhusus buat ketua TP PKK kabupaten pulau yang selalu support dan berperan aktif setiap kegiatan bulan Imunisasi anak Nasional” ucapnya.

Kepada para orang tua yang anak-anaknya belum mendapat imunisasi dasar lengkap agar segera memanfaatkan momen BIAN ini untuk mendapat imunisasi lengkap.

Berikut jumlah capaian Imunisasi Rubella per kabupaten/kota di Malut berdasarkan data kementerian kesehatan RI.

– Kabupaten Pulau Taliabu 24,1 persen
– Kabupaten Halmahera Selatan 1,8 persen
– Kab. Kepulauan Sula 1,8 persen
– Kota Ternate 0,5 persen
– Halmahera Utara 0,4 persen
– Pulau Morotai 0,4 persen
– Kota Tidore Kepulauan 0,3 persen
– Kab.Halmahera Tengah 0,0 persen

Diketahui, Total capaian target imunisasi anak se provinsi Maluku Utara secara keseluruhan hingga per 31 Mey 2022 baru mencapai 1,9 persen atau berkisar 5.639 anak yang telah mendapatkan imunisasi tambahan campak Rubella dari jumlah 296.670 anak yang perlu di imunisasi.

Artinya, masih tersisa sekitar 291.031 anak di propinsi Maluku Utara yang belum imunisasi Rubella dan IDL sesuai yang ditargetkan kementrian Kesehatan RI.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA