Pelayanan Online Disdukcapil Pultab Terus Meningkat

Reporter:  Slamet

BOBONG,AM.com – Pelayanan secara online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pulau Taliabu (Pultab) kian hari semakin meningkat.

Pelayanan administrasi kependudukan secara daring ini dituangkan dalam sebuah Peraturan Menteri.

Yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Daring atau online.

Hal ini dilakukan untuk membangun tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien dalam rangka mengembangkan sistem pelayanan administrasi kependudukan dengan inovasi baru.

Selaku kepala Disdukcapil Kabupaten Pultab, Maslan menerangkan bahwa pihaknya terus berupaya mengahadirkan pelayanan maksimal dan terbaik bagi masyarakat.

“Kami saat ini terus mengoptimalkan pelayanan kependudukan baik secara offline ataupun online, hal ini kami lakukan guna memudahkan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat,”ungkapnya.

Layanan online ini untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan karena warga tidak perlu jauh datang ke kantor Dinas Dukcapil.

“Dan saat ini untuk Dukcapil Pultab pelayanan dalam secara online terus meningkat setiap saat,”lanjutnya.

Kepala Disdukcapil Pultab dan pihaknya terus melakukan berbagai inovasi pelayanan, salah satunya melayani masyarakat secara online.

“Kami siap melayani masyarakat baik secara offline langsung ke sini maupun secara secara online,” ungkapnya kepada wartawan, Rabu (25/5/2022) di ruang kerjanya.

Diterangkan, masyarakat bisa mengakses pelayanan online baik secara kolektif melalui desa ataupun mandiri. Pemohon hanya perlu mengirimkan file persyaratan melalui nomor WhatsApp sesuai dengan pelayanan apa yang ingin diakses.

Menurutnya, pelayanan secara online ini telah diterapkan sejak lama. Ke depan, akan terus dilakukan pembenahan termasuk menambah nomor kontak pelayanan, sehingga pelayanan bisa lebih maksimal.

“Kami harapkan juga desa disosialisasikan hal-hal yang seperti ini sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke kantor Dukcapil,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA