Fakultas Ekonomi Unibrah Teken MoU dengan Dinas Koperasi dan UMKM Malut

Reporter: Ong Rasai

SOFIFI,AM.com – Kolaborasi dalam memajukan perekonomian Maluku Utara, menjadi komitmen bersama oleh Fakultas Ekonomi Universitas Bumi Hijrah (Unibrah) Tidore dengan Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku Utara, yang ditandai dengan pendanaan Memorendum of Understanding (MoU), yang berlangsung di Sofifi, Senin (23/5/2022).

Dalam kesempatan itu, kedua pihak menyepakati untuk melakukan kerja sama yang saling menguntungkan baik dari segi pengembangan pendidikan juga dalam bidang koperasi dan UMKM, yang bisa dikolaborasikan antara program program Dinas dan pihak fakultas ekonomi.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Wa Zaharia dalam sambutannya menyebutkan, Koperasi dan UMKM merupakan gerakan ekonomi rakyat yang membutuhkan kerjasama dengan berbagai pihak.

“Kampus adalah salah satu pihak yang dapat kita ajak kerja sama, demi mewujudkan visi keempat gubernur yakni membangun perekonomian daerah yang inklusif dan berkualitas yang berorientasi pada nilai tambah dan pengelolaan sumberdaya alam berkelanjutan,” ungkap Wa Zaharia.

Menurutnya, kerja sama ini dapat diselaraskan dalam 5 program wajib Dinas Koperasi dan UMKM, yakni pertama; program pengawasan dan pemeriksaan koperasi, kedua; program penilaian kesehatan KSP/USP koperasi, ketiga; program pelatihan dan pendidikan perkoperasian, keempat; program pemberdayaan dan perlindungan koperasi, kelima; program pengembangan UMKM.

“Kami juga punya beberapa kegiatan strategis untuk mendukung visi misi gubernur dan wakil gubernur, yang sekiranya dapat dilakukan kolaborasi dengan Universitas karena banyak program kami yang juga telah dilakukan di 10 kabupaten kota,” katanya.

Proses penandatanganan MoU antara Fakultas Ekonomi Unibrah dengan Dinas Koperasi dan UMKM Malut, nampak Kepala Dinas Wa Zaharia bersama Dekan Sidin Usman dan didampingi Sekretaris Dinas dan Wakil Rektor I Unibrah. (foto: Ady Tiakoly)

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Unibrah Tidore, Sidin Usman menyebutkan kolaborasi ini adalah untuk saling memberikan keuntungan antara kedua belah pihak, di mana kampus berdasarkan Tri Dharma perguruan tinggi juga menekankan pada 3 hal, yakni. Pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Kerja sama ini kita jajaki dalam kerangka Tri Dharma perguruan tinggi, yang menjadi sandaran MoU ini,” ungkapnya.

Menurut Sidin, hal ini juga sejalan dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 3, tahun 2020 tentang standar Nasional pendidikan tinggi, yang menjelaskan pedoman kampus merdeka dan merdeka belajar.

“Kerja sama ini juga untuk menjalankan Permendikbud itu, yang salah satu poinnya adalah mahasiswa diberikan kebebasan untuk belajar 2 semester di luar kampus atau dunia kerja. Maka dengan kerjasama ini dapat dijejaki program MBKM tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, Unibrah sudah memiliki Koperasi Jaya, dimana salah satu unitnya adalah inkubator bisnis yang bisa dikolaborasikan dengan dinas untuk pembinaan dan dibantu untuk dikembangkan menjadi lebih besar lagi.

“Unibrah memiliki visi besar untuk mencetak lulusannya yang memiliki jiwa entrepreneur, sehingga kerja sama ini kami anggap sangat strategis dan penting,” ungkapnya.

Mewakili pihak universitas, Wakil Rektor I Unibrah, Soleman Talib menaruh harapan besar atas kerjasama kedua pihak, sehingga pihak kampus sangat mendukung dan serius untuk menjalankan kerja sama ini.

“Pernah saat mendampingi asesor lapangan untuk akreditasi, beliau menyebutkan soal MoU dengan instansi lain tidak hanya seremonial menandatangani MoU tetapi juga dapat mengimplementasikan dengan baik, sehingga itu besar harapan kami ini berjalan lancar dan bermanfaat untuk kedua pihak,” harapnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Sekertaris Dinas Koperasi dan UMKM Malut, Nasaruddin Robo beserta para Kepala Bidang, Wakil Rektor I Unibrah, Ketua Prodi Akuntansi, para dosen dan mahasiswa.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA