Pemdes Bajo Usul SPBU Khusus untuk Nelayan ke KKP RI

 

Reporter: Nai Am

SANANA,AM.com-Warga Desa Bajo, Kecamatan Sanana Utara, Kabupaten kepulauan Sula (Kepsul) sebagian besar yang mempunyai pekerjaan tetap sebagai Nelayan, mengeluh gegara beberapa hari lalu sulit mendapatkan Bahan Bakar Minyak (BBM), padahal diketahui BBM merupakan kebutuhan utama Nelayan pada saat melaut.

Mengantisipasi masalah tersebut, Pemerintah Desa (Pemdes), yaitu kepala Desa Bajo, Kusnang Duhaung menyampaikan, Pemdes Bajo sedang mengusulkan proposal SPBU Khusus untuk Nelayan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Desa Bajo termasuk dalam kategori salah satu Desa Nelayan secara Nasional dari Kementrian Kelautan dan Perikanan, dengan peluang tersebut kami mencoba mengusulnya langsung ke KKP RI,” ucap Kusnang. Rabu, (18/5/2022).

Kusnang juga menyebut, 95% warga Desa Bajo adalah Nelayan. Jumlah perahu Nelayan 200 lebih, kebutuhan BBM per perahu dalam 1 hari 60 liter, jadi saya coba menghitungnya hasilnya 13 Ton lebih BBM pemakaian BBM khusus untuk Nelayan.

Kusnang pun berharap kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepsul untuk mendampingi terkait dengan usulan yang dilakukan.

“Terkait pengusulan SPBU Khusus Nelayan, pastinya melibatkan Pemda, yakni DKP Sula sebagai pendamping. Kami pun dibantu oleh penyuluh Perikanan dalam setiap mencari solusi setiap masalah Nelayan yang terjadi di Desa Bajo,” imbuhnya. (Am)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA