Bappelitbangda Evaluasi Program Kegiatan di Dinas PUPR, Rizal : Harus Segera!

TERNATE, AM.com – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Darrah (Beppelitbangda) Kota Ternate Rizal Marsaoly melakukan monitoring sekaligus melaksanakan rapat evaluasi dan meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) terkait program kegiatan Tahun Anggaran 2022 secepatnya disesaikan.

Monitoring dan evaluasi ini dilakukan secara langsung ke lapangan guna mengetahui progres capaian implementasi program kegiatan untuk anggaran tahun 2022 disetiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate.

“Hari ini agenda dinas PU dan Dinas Pendidikan, besok pagi jam 9 Insyaallah Dinas Kesehatan yang saya minta hadirkan juga kepala-kepala Puskesmas,”ujar Rizal, Selasa (10/5/2022).

Rizal menyebutkan, berdasarkan pantauan Bappelitbangda dari hasil monitoring, masih ada beberapa OPD lambat dalam penyerapan anggaran, sehingga dirinya mendorong agar cepat dilakukan lelang atau tender.

Kata Rizal, kegiatan ini perlu dilakukan karena telah memasuki triwulan kedua, artinya semua OPD harus bisa mempersiapkan diri untuk mempercepat semua kegiatan.

“Sebab ada beberapa kegiatan yang membutuhkan waktu lama dalam proses pelelangan, ini perlu diikhtiarkan,” ucapnya.

Olehnya itu, lanjut Rizal langkah pertama yang diambil Bappelitbangda yakni turun mengawal dan melakukan monitoring langsung ke OPD teknis untuk melaksanakan rapat koordinasi.

Dengan begitu, Bappelitbangda bisa mengetahui subtansi materinya, yakni progres capaian sejumlah program kegiatan dari setiap OPD.

“Tadi tergambar di PU, masih ada beberapa kegiatan yang itu belum dilaksanakan atau masih dalam tahapan proses di ULP untuk segera dilakukan lelang,” tuturnya.

Kendati begitu, Rizal mengaku terdapat beberapa kegiatan yang sudah jalan, tetapi baru perencanaannya.

“Nantinya jika perencanaan selesai baru bisa dilakukan tender fisik. Pada tahapan ini berarti tinggal menunggu waktu saja,” ujarnya.

Bahkan, ia menyampaikan, Bappelitbangda turun langsung ke Dinas PUPR Kota Ternate untuk mempertegas bahwa apa yang menjadi amanat Walikota Ternate dan Wakil Walikota Ternate dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) untuk Indikator Kerja Utama (IKU) terhadap keterkaitan dari Renstra Dinas PUPR, maka harus komitmen.

“Tadi saya cek program-program yang mengarah ke peduli BAHIM (Batang Dua, Hiri, dan Moti) seperti jalan, air bersih, kemudian membangun sekolah, itu tadi Alhamdulillah 70% semua sudah terproses,” ucapnya.

Selain progran peduli Bahim, dirinya juga mempertanyakan armada roda tiga dan L300 guna  mendukung implementasi penanganan sampah berbasis partisipatif.

“Tadi sudah OK tinggal didorong ke ULP, itu yang saya kejar ke Sekretaris PU, mereka sudah mengiyakan di depan forum tadi. Karena saya minta harus dipercepat agar program ini bisa jalan,” terangnya.

“Jadi di PU ada beberapa program kegiatan saja yang itu tinggal mereka menunggu perencanaan, tadi tergambar secara jelas dan tuntas permasalahan dan kendala-kendala yang dihadapi,”tambahnya mengakhiri.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA