Tiga Hari ke Depan, Sula dan Taliabu Berpotensi Hujan Ringan-Sedang

Reporter: Nai Am

SANANA,AM.com-Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Metereologi Emalamo Kepulauan Sula (Kepsul) memprakirakan adanya potensi hujan dengan intensitas ringan sampai sedang di Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu hingga tiga hari ke depan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BMKG Kepsul melalui Prakirawan, Rahman Samsudin. Menurutnya, kondisi cuaca secara global terdapat suplai uap air yang bergerak dari Pasifik Timur menuju Pasifik Barat, aktivitas pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia Timur sangat signifikan.

“Di wilayah Kepulauan Sula dan Pulau Taliabu juga terdapat pola belokan angin (shearline), kondisi ini menyebabkan adanya penumpukan masa udara yang memicu pertumbuhan awan konvektif penghasil hujan,” jelasnya. Senin, (9/5/2022).

Rahman menyebut, angin permukaan atau pada lapisan bawah diprakirakan bertiup dari arah Tenggara-Barat dengan kecepatan sekitar 5 knot (9 km/jam), kelembapan udara cukup basah, yaitu berkisar antara 70-100%.

Sementara itu, untuk kondisi laut diprakirakan terjadinya gelombang rendah (0.5-1.25 m) yang terjadi di bagian selatan perairan laut Kepulauan Sula dan Taliabu.

BMKG pun mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada saat kondisi cuaca buruk yang berdampak seperti volume air sungai yang meningkat atau banjir, terdapat genangan air, dan aliran luapan air di jalan raya yang mengganggu aktivitas.

“Masyarakat selalu pantau perkembangan informasi cuaca, dan apabila terjadi dampak bencana hidrometeorologi, segera melaporkan atau berkoordinasi dengan pihak terkait,” imbuhnya mengakhiri. (Am)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA