KASN “Hukum” Pemprov Malut

Reporter: Ong Rasai

SOFIFI,AM.com – pemberhentian dan penurunan jabatan yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara terhadap 3 pejabat beberapa waktu lalu, rupanya berbuntut panjang. Salah satunya dengan ditundanya pelaksanaan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkup Pemprov Malut.

Sebelumnya Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) telah memanggil Kepala BKD Malut, Idrus Assegaf melalui surat UND-262/JP.01/04/2022 tertanggal 14 April tahun 2022. KASN kembali mengeluarkan surat dengan nomor B-1581/JP.00.00/04/2022 tertanggal 21 April 2022, dengan perihal surat penundaan seleksi terbuka JPT Pratama di lingkup Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Isi surat tersebut menyebutkan. Sehubungan dengan adanya dugaan pelanggaran sistem merit dalam
pemberhentian pejabat dari JPT Pratama d lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku Utara, yang saat ini sedang dilakukan pendalaman, klarifikasi dan analisis oleh
KASN, maka sesuai S0P KASN melakukan penundaan pelaksanaan seleksi terbuka terhadap 3 JPT Pratama sebagaimana Rekomendasi KASN
Nomor: B-1308/JP.00.00/04/2022 tanggal 8 April 2022, perihal Rekomendasi Rencana Seleksi Terbuka JPT Pratama di Lingkungan Provinsi Maluku Utara.

Seleksi terbuka sebagaimana dimaksud dalan Surat Rekomendasi KASN di atas agar tdak dilakukan terlebih dahulu, Pelaksarsan seleksi tebuka dimaksud dapat dilaksanakan apabila telah terbukti secara meyakinkan bahwa tidak terdapat
pelanggaran sistem merit dalam kasus terkait sebagaimana dugaan saat ini,
dan/atau Pemerina Provinsi Mauku Utara nantinya telah menindaklanjuti rekomendasi terkait pelanggaran-pelanggaran yang saat ini sedang diklarifikasi, dikaji dan disusunkan rekomendasinya oleh KASN, dan apablin pelanggaran yang terbukti tidak mengharuskan adanya pembatalan seleksi terbuka dimaksud.

Surat tersebut disahkan dengan tanda barcode verifikasi milik wakil ketua KSN, Tasdik Kinanto.

Pada kesempatan sebelumnya, Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsudin A Kader sempat angkat bicara terkait seleksi terbuka 3 JPT Pratama yang saat ini masih kosong, yakni Dinas Perumahan dan Pemurkim Maluku Utara, dan Dinas Ketenagakerjaan dan transmigrasi yang saat ini diisi oleh  pelaksana tugas (plt).

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA