Meningkatkan Budaya Lokal, Pemdes Bega Apresiasi HPMB dan Pemuda

 

Reporter: Nai Am

SANANA,AM.com-Himpunan Pelajar Mahasiswa Bega (HPMB) beserta pemuda Desa Bega telah melakukan kegiatan pencak silat dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau 2022 Masehi. Senin, (2/5/2022).

Kegiatan pencak silat tersebut, tak hanya sekedar perayaan semata, tetapi mempunyai makna tersendiri, sebagaimana dengan tema “Mengangkat Kembali Tradisi dan Budaya untuk Dikenal Kembali di Era Generasi Milenial (Manatol, Manayana, Manawak”.

Ketua panitia pelaksana, Gadri Fatmona menyampaikan, proses kesiapan latihan pencak silat sudah dipersiapkan jauh sebelumnya. Setelah itu, dibentuk panitia setelah puasa tiga hari.

“Alhamdulillah kegiatan ini dibantu oleh semua pihak. Mulai dari HPMB, pemuda, sesepuh, dan juga pemerintah desa Bega,” katanya.

Gadri bilang, tujuan pelaksanaan kegiatan ini supaya bisa mengangkat tradisi dan budaya lokal dari generasi ke generasi, khususnya generasi Desa Bega.

Terpisah, kepala Desa Bega, Darmin Fatmona ketika diwawancarai oleh aspirasimalut.com mengaku, pencak silat memang sudah ada di Desa Bega sejak zaman dahulu.

“Di Desa Bega, yang namanya seni dan budaya pencak silat sudah ada sejak lama dari zaman dahulu, terutama dalam perayaan momentum hari-hari besar seperti, lebaran Idul Fitri dan Idul Adha. Selain itu, pencak silat yang dilakukan ini juga bertujuan dapat dijadikan sebagai bekal ilmu bela diri,” ungkapnya.

Selain itu, Darmin pun menyampaikan apresiasi kepada panitia dan seluruh pihak yang turut membantu. Sebab dengan adanya kegiatan ini, memberikan dampak positif yang baik terhadap masyarakat.

“Selaku penanggung jawab di Desa Bega, saya sangat beri apresiasi kepada generasi Bega yang telah melakukan kegiatan ini, karena ini juga bagian daripada tradisi dan budaya yang perlu dijaga. Kemudian dengan adanya kegiatan ini, pemuda maupun masyarakat lebih fokus kepada kegiatan yang dilakukan, tidak melakukan hal-hal yang memang kita tidak inginkan bersama,” imbuhnya mengakhiri.

Sekedar informasi, berdasarkan hasil pantauan, warga Desa Bega sangat antusias dengan kegiatan pencak silat yang diselenggarakan. Peserta pencak silat terdiri dari anak SD, SMP, SMK, dan umum dengan jumlah kurang lebih 40 peserta. (Am)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA