DP3A Malut Matangkan Ranperda Pengarusutamaan Gender

Reporter: Ong Rasai

TERNATE,AM.com – Demi terwujudnya keseteraan dan keadilan gender dalam kehidupan manusia, Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) masih terus melakukan sosialisasi tentang pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Pengarusutamaan Gender (PUG) di Provinsi Maluku Utara.

“Hal ini dilakukan agar nantinya draf atau rancangan dari Ranperda PUG itu dapat dipahami dan tidak lagi mengalami kekurangan saat di tetapkan oleh DPRD Provinsi Maluku Utara,” kata Kepala Dinas PPPA Provinsi Maluku Utara Musrifah Alhadar saat menyampaikan arahannya  di Hotel Safirna, Jumat (22/4/2022).

Menurutnya, rancangan Perda PUG sudah mendekati pada tahap akhir, sehingga melalui kegiatan ini,  rancangan yang sudah disediakan tidak lagi mengalami banyak perubahan.

“Sebab hal ini sangat dibutuhkan berbagai macam masukkan agar kalau nantinya perda tersebut dapat diimplementasikan ke seluruh jajaran baik OPD dan utamanya ke masyarakat sehingga dapat sesuai dan tidak lagi ada yang komplen. Itu harapan kami,” ungkapnya.

Dikatakan, Pengusulan Perda PUG telah dilakukan sekitar dua tahun lalu dan ini merupakan tahun ketiga. Karena sudah cukup lama, ia berharap agar di tahun ke tiga ini dapat segera ditetapkan oleh DPRD Maluku Utara.

“Kami juga membutuhkan dukungan dari semua instansi terkait yang tergabung dalam kelompok kerja (Pokja) PUG,” ujarnya.

Lanjut Musrifah, ketika nantinya di sahkan oleh DPRD Provinsi Maluku Utara, Ia akan melanjutkannya dengan sosialisasi sampai ke tingkat paling bawah di seluruh kabupaten kota.

Melalui forum tersebut, Musrifah berharap untuk dapat sama-sama berdiskusi sehingga dapat memboboti isi dalam rancangan perda sehingga tidak akan ada perubahan, yang nantinya akan disampaikan ke legislatif di DPRD untuk kemudian disahkan.

Untuk diketahui, sosialisasi pembahasan ranperda PUG Tahun 2022 berlangsung dengan menghadirkan beberapa narasumber diantaranya, Ketua PSW Unkhair Nurlaila, Mustafa Hasan Ahli madya Perancang Perundangan dan Rosyida Kasi Sosbud Bapedda Malut serta Ketua Pokja PUG Provinsi Malut. (0n9)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA