Pemkab Kepsul Gelar Upacara Peringati Hari Kartini

Reporter: Nai Am

SANANA,AM.com- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sula (Pemkab Kepsul) gelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kartini di depan kantor Bupati, Desa Pohea, Kecamatan Sanana Utara. Kamis, (21/4/2022).

Bupati Sula, Fifian Adeningsi Mus dalam sambutannya yang diwakili oleh Wakil Bupati Sula, M. Saleh Marasabessy menyampaikan, setiap tahun pada tanggal 21 April, bangsa Indonesia memperingati Hari Kartini untuk mengenang perjuangan tokoh perempuan yang bernama Kartini satu abad yang silam.

Saleh menuturkan, perjuangan Raden Ajeng Kartini menjadi tonggak sejarah kebangkitan kaum perempuan Indonesia pada zamannya dan zaman kini. Sekarang telah lahir Kartin-Kartini muda dengan berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan, menjadikan perempuan setara mengambil posisi yang sejajar dengan kaum laki-laki.

“Peringatan Hari Kartini hendaknya jangan dijadikan momentum serimonial saja, akan tetapi lebih diarahkan pada kegiatan spontanitas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat khususnya kaum perempuan,” imbau Saleh.

Kegiatan peringati Hari Kartini 2022 yang mempunyai tema “Melalui Hari Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Pemberdayaan Perempuan Guna Mewujudkan Keluarga Sejahtera“ itu, diharapkan perempuan mampu membentuk keluarga yang berkualitas dan dapat introspeksi diri.

“Tema dimaksud mengandung makna yang luar biasa, bahwa kita semua sadari, di tangan perempuan-perempuan kuat dan cerdas serta berahlak mulia, mampu membentuk keluarga yang berkualitas,” katanya. Peringatan Hari Kartini, menjadi momentum untuk Kaum perempuan semakin intropeksi diri, melakukan tugas sebagai warga negara, namun tidak sampai kebablasan melupakan kodrat keperempuannya,” katanya.

Saleh menyebutkan, peringatan hari Kartini, bagi Kartini milineal harus melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat Kartini dengan keuletan dalam melaksanakan pembangunan.

Mentransformasikan Keberanian melawan marjilinalisasi, menjadi inspirasi musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan, kekerasan dan pencabulan terhadap perempuan dan anak. Selanjutnya, transformasi menjadi inspirasi rakyat untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing daerah dan bangsa dalam pergaulan nasional dan dunia,” ungkapnya.

Lelaki dengan akronim SAH itu pun mengajak semua pihak berbuat yang terbaik untuk daerah.

Melalui momentum Peringatan Hari Kartini, saya mengajak, marilah kita berbuat yang terbaik bagi daerah ini, mari berkontibusi bagi kemajuan negeri. Mulai dari yang dapat kita lakukan, mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara. Selamat Hari Kartini Tahun 2022, kobarkan terus semangat Kartini di dada, torehkan prestasi yang gemilang tanpa melupakan kondrat. Jayalah Perempuan,” tutupnya. (Am)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA