PB Permata Laksanakan Diskusi Secara Daring Dalam Rangka HUT Ke 9 Kabupaten Pulau Taliabu

Reporter: Slamet

BOBONG,AM.com – Pengurus Besar Persatuan Pelajar, Mahasiswa dan Pemuda Taliabu (PB Permata) laksanakan kegiatan diskusi publik secara daring dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 9 Kabupaten Pulau Taliabu.

Dalam diskusi publik ini, PB Permata mengangkat tema ‘Representasi Pemerintah Daerah terhadap peningkatan ekonomi dan pembangunan Kabupaten Pultab.’ Rabu,19/04/2022)

Adapun tujuan dari kegiatan diskusi secara daring ini sebagai langkah PB permata dalam mengevaluasi kinerja pemerintah daerah selama 9 tahun Kabupaten Pultab ditetapkan sebagai daerah otonomi baru.

Selaku ketua umum PB Permata, Yusril menerangkan representasi pemerintah daerah terhadap peningkatan ekonomi dan pembangunan Kabupaten Pultab masih jauh dari harapan dan tujuan dari otonomi daerah.

“Di umur yang ke 9 tahun Kabupaten Pultab harusnya sudah bisa mandiri secara pangan dan sandang serta menyediakan lapangan kerja untuk masyarakat bukan bergantung kepada daerah lain,” ungkap Yusril pada saat memberikan sambutan.

Akibat ketergantungan yang berkepanjangan ini, harga bahan pokok di Kabupaten Pultab tidak terkontrol dan perputaran ekonomi melemah sehingga daya beli masyarakat menurun. lanjut Yusril

Hal ini senada dengan yang disampaikan pemateri diskusi, Memet menerangkan faktor yang menentukan maju dan mundurnya daerah dapat dilihat perputaran ekonomi.

“Dimana kualitas serta sarana dan prasarana masyarakat yang kurang mendukung menjadi salah faktor penghambat untuk terjadinya peningkatan ekonomi kabupaten Pultab,” ungkap Memet saat memaparkan materi diskusi.

Maka, untuk meningkatkan ekonomi perlunya perbaikan dan peningkatan yang dimulai dari lingkup daerah itu sendiri, yaitu pentingnya untuk mengurangi jumlah pengangguran yang ada agar pendapatan juga meningkat.tambah memet.

Hal-hal yang bisa dilakukan daerah meningkatkan pendapatan masyarakat, dapat dilakukan dengan memberikan lapangan pekerjaan yang mampu meningkatkan potensi usaha ekonomi.

Sebab, ketika lapangan pekerjaan sudah memiliki kualitas yang baik dan dapat menarik masyarakat pengangguran untuk bergabung.

Dengan adannya inovasi dari Pemerintah Daerah Pultab, akan berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat yang mengakibatkan menguranginya atau teratasinya angka kemiskinan, sehingga dapat meningkatkan pajak daerah.

Adapun kesimpulan diskusi ini yaitu :

Pertama, PB Permata menyarakan kepada pemerintah daerah Kabupaten Pultab agar merancang APBD sedemikian rupa dengan memperhatikan kondisi kebutuhan daerah dan masyarakat sehingga tujuan APBD terlaksana dengan baik.

Kerena APBD menjadi pedoman yang jelas bagi pemerintah daerah dalam melaksanakan pembangunan ekonomi maka dari itu semua kegiatan dapat tertata dan perekonomian daerah diharapkan bisa meningkat.

Kedua, pemerintah daerah harus membangun koordinasi yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Karena,ketika koordinasi dapat terbangun dengan baik pemerintah akan mudah untuk mewujudkan atau mencapai tujuan awal dari APBD itu sendiri yaitu mengurangi angka kemiskinan, pemerataan pendapatan masyarakat, serta peningkatan perekonomian daerah.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA