Sejumlah Pimpinan OPD di Morotai Rangkap Jabatan

Reportet: Maulud Rasai

MOROTAI,AM.com – Mungkin kah, di Kabupaten Pulau Morotai minim Sumber Daya Manusia (SDM)? Sehingga, saat ini di Kabupaten Pulau Morotai banyak pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang merangkap Dua hingga Tiga jabatan.

Misalnya, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pulau Morotai, Ahdad Hi. Hasan, saat ini merangkap tiga jabatan. Dimana jabatan defenitifnya  adalah Kadishub Morotai namun merangkap sebagai Plt. Kadis PMD dan Kepala Cipta Lapangan Kerja (CLK) Pasar Rakyat CBD, dan ada sejumlah pejabat lainnya yang merangkap jabatan di Pemda Pulau Morotai.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Pulau Morotai, Kalbi Rasid ketika dikonfirmasi sejumlah awak media mengaku ada beberapa pimpinan OPD merangkap jabatan.

“Terkait dengan rangkap jabatan itukan bukan jabatan definitif. Hanya jabatan Plt, dan itu hanya menjalankan fungsi fungsi menajerial di tingkat atas, tapi secara tehnis itu didukung oleh eselon 3 dan 4,” kata Kalbi saat ditemui di Kantor Bupati, Rabu (20/04/2022).

Menurut Kalbi, soal rangkap jabatan itu sebenarnya tidak terlalu bermasalah sama sekali, kalaupun tujuan Plt hanya untuk menjalankan tugas – tugas harian.

“Ada beberapa pimpinan OPD lainya juga merangkap jabatan. Sama juga. Saya juga misalnya BKD saya di Plt di Asisten II,” akunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Pulau Morotai, Ahdad Hi. Hasan, ketika dikonfirmasi mengaku jika dirinya juga salah satu pimpinan OPD yang merangkap jabatan di Pemda Pulau Morotai.

“Saat ini memang pertama saya definitifnya di Kadis Perhubungan itu semenjak Januari Tahun 2020. Saya dilantik sebagai Kadis Perhubungan. Saya bertugas atau kantor di lokasi CBD aktifitas pada bulan Agustus kalau tidak salah kemarin tahun 2021 saya diberi tugas tambahan oleh pak Bupati sebagai ketua satgas Cipta Lapangan Kerja (CLK, CBD), Sehingga saya diberi beban tamabahan sebagai ketua CLK,” akunya.

Kemudian pada bulan Januari 2022, lanjut Dia, dirinya diberi amanah tambahan sebagai Plt. Kadis PMD, “Yakni untuk menyukseskan kegiatan-kegiatan pilkades. Jadi ketika saya jabat sebagai Plt. Kadis PMD tugas utama saya adalah melaksabakan pilkades di 88 Desa,” jelasnya.

Ditanya soal rangkap jabatan yang ditawarakan itu apakah sempat ditolak, dirinya mengaku bahwa soal rangkap jabatan itu, bagi dia adalah suatu tantangan dan pembelajaran lantaran dirinya masih muda.

“Kalau saya pada prinsipnya begini. Yang pertama masih muda, bahwa saya anggap ini adalah tantangan dan belajar sehingga amanat yang diberikan oleh pimpinan. Saya coba untuk bisa melaksanakan dengan sebaik-baik mungkin sesuai dengan amanat yang telah diberikan,” katanya.

Untuk diketahui, dari data yang dihimpun media ini, para pimpinan OPD yang merangkap jabatan itu diantaranya, Kepala BKD Pulau Morotai Kalbi Rasid, Plt Asisten II Setda Pulau Morotai, Kepala BPKAD Pulau Morotai Suriani Antarani, Plt Kadis PUPR Pulau Morotai, Kepala Dinas Pertanian Anwar Husen, Plt Kadis Pariwisata. (lud)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA