Kampung Ramadhan di Kota Ternate Jual Pakaian Muslim Hingga Pentas Seni Bernuansa Islami

Sekretaris Disperindag Kota Ternate, Muchlis Djumadil

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Pemerintah Kota Ternate telah menyiapkan sejumlah lokasi untuk pedagang musiman di Fort Oranje yang dijadikan sebagai Kampung Ramadhan 1443 Hijriah.

Kampung Ramadhan ini bukan saja menjual pakaian busana muslim, tetapi para pengunjung bisa menikmati pentas seni yang bernuansa islami.

Bahkan, di depan Benteng Oranje juga ditempatkan kedai-kedai kopi, pedagang takjil, hingga kelapa muda.

“Masyarakat bisa membeli pakaian muslim di Kampung Ramadhan, bisa menikmati suasan musik keislaman, dan minuman segar,” kata Sekretaris Disperindag Kota Ternate Muchlis Djumadil, Sabtu (2/4/2022).

Muchlis mengatakan, Kampung Ramadan ini tidak hanya diisi oleh pedagang, namun akan dibaringi dengan beberapa konten.

Diantaranya, festival gendang sahur di malam hari, aqustik music religi di waktu sore, permaian anak-anak jelang buka puasa, hingga pentas seni yang bernuansa islami.

“Dengan begitu, maka Kampung Ramadhan akan tampak lebih hidup dan bisa menarik perhatian para pengunjung,” tuturnya.

Ia mengatakan, semua pedagang musiman yang berjualan di Kampung Ramadhan, terlebih dahulu mendaftar ke petugas Disperindag.

Selain itu, Muchlis menuturkan, Benteng Oranje ini juga sudah tersedia gerbang sebagai akses menuju ke Masjid terdekat, yaitu pada sisi Selatan untuk menuju ke Masjid Muttakin. Serta di sisi Utara untuk menuju ke Masjid An-Nur.

“Kami juga akan menyiapkan tempat berwudhu di areal Kampung Ramadhan. Orang-orang bisa berwudhu disitu, setelah itu menuju ke Masjid terdekat,” katanya.

Menurutnya, semua lokasi Benteng Oranje akan dimanfaatkan, mulai dari depan taman fitnes hingga Taman Film. Bahkan nanti ada menu-menu yang tersedia hingga sahur.

“Sehingga orang-orang juga bisa menikmati sahur di lokasi Kampung Ramadan,” terangnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA