Dikbud Malut Gelar Kegiatan Pengembangan SDM Kebudayaan

SOFIFI,AM.com – Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari segi pengembangan Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Utara (Malut), menggelar kegiatan pelatihan selama tiga hari, bertempat di Penginapan Yusmar, Sofifi,

“Sesuai isyarat undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan dimana pemerintah berkewajiban melestarikan kebudayaan nasional dengan cara melindungi, mengembangkan, pemanfaatan dan pembinaan tenaga kebudayaan, inilah dasar pelaksanaan kegiatan hari ini,” kata Kadikbud Malut, Imam Makhdy Hassan, dalam sambutannya yang dibacakan, Kabid Kebudayaan, Darwin Abdurrahman, pada acara pembukaan kegiatan, Selasa (29/3) malam.

Menurutnya, kegiatan hari ini dihadiri oleh perwakilan dari 10 Kabupaten kota yang akan mendapatkan pembekalan terkait pemahaman akans seluruh aspek kebudayaan yang melingkupi cipta, rasa dan karya manusia yang berwujud ( cagar budaya) atau tidak berwujud
(warisan budaya takbenda) yang terurai jelas pada 10 Obyek Pemajuan Kebudayaan (OPK).

“Semua ini agar senantiasa kita lestarikan sesuai dengan kewenangan kita masing masing. baik Pemerintah Kab/kota,
Provinsi maupun Pusat, oleh karena itu maka singkronisasi, kolaborasi maupun pola intervensi pelestarian Kebudayaan senantiasa saling senerjik dalam program maupun kegiatan yang kita susun nanti,” ungkapnya.

Darwin Abdurrahman, berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik hingga akhir, dan pembekalan dalam pelatihan ini dapat dimanfaatkan untuk pengembangan kebudayaan.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dan diikuti oleh peserta dari kabupaten kota. Untuk itu, melalui kegiatan Diklat ini menjadi momen strategis antara kabupaten/kota, provinsi dan pemerintah pusat,” harapnya. (Ong)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA