Dishub Morotai Rancang Tambah 2 Transportasi Laut Antar Pulau

Reporter: Maulud Rasai

MOROTAI,AM.com – Guna memperlancar akses transportasi wisata dari Ibu Kota Daruba ke Pulau Dodola dan Pulau lainnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulau Morotai akan menambah fasilitas penunjang sarana transportasi laut.

Hal itu dilakukan Dishub Morotai karena mengingat saat ini Dishub Pulau Morotai baru memiliki satu transportasi laut (Bus Air,red), yang menghungkan antar pulau-pulau wisata di Morotai.

“Untuk demi menjaga kelancaran, memang di tahun ini kami pengadaan atau membuat tambahan dua Bus Air. Nantinya diharapkan di bulan November Desember sudah menjadi tiga Bus Air,” ungkap Kadishub Pulau Morotai, Ahdad saat ditemui pagi tadi, Jumat (25/03/2022).

Walaupun begitu, Ahdad mengaku masih sangat kesulitan dengan dermaga Bus Air, sehingga dirinya mengaku sudah mengusulkannya ke kementrian terkait.

“Sudah di acc. Itu untuk pembangunan tempat sandar Bus Air. Nantinya disiapkan dua tempat sandar Bus Air. Yang satunya sementara finishing di Pulau Dodola. yang kedua di eks lokasi kolstorik Desa Daruba. Jadi di lokasi kolstorik Itu akan di bangub pelabuhan Bus Air dan tempat hombase nya tiga Bus Air,” katanya.

“Jadi Setelah dibangun kami akan gunakan dan fungsikan bersama dengan speedboat yang ada. Nantinya kedepan speedboat sudah digabungbakan bersama dengan Bus Air,” tambah dia.

Menurutnya, terkait dengan bagaimana menjamin akesesibilitas antar pulau. Saat ini di Pulau Morotai pihaknya harus betul-betul menyiapkan transportasi antar pulau yang nyaman aman dan terjangkau oleh masyarakat.

Taransportasi khusus antar pulau itu sangat membantu sekali, sehingga ia berharap bisa ditingkatkan dengan transportasi saat ini dan jadwal seminggu dua kali tanpa biaya alias gratis.

“Yang berikut, khusus untuk transportasi antar pulau di desa-desa wisata, kami saat ini sudah memiliki Bus Air yang bekerja sama dengan ASDP yang dioprasionalkan oleh ASDP dengan nama kapal KMP Kolorai melayani Daruba Zum zum, Kolorai dan Dodolab PP,” pungkasnya. (lud)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA