Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Tahun 2023 Resmi Ditutup

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Wakil Wali Kota Ternate, Jasri Usman secara resmi menutup Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang Rancangan Kerja Pimpinan Daerah (RKPD) Kota Ternate Tahun 2023 di Royal’s Resto, Kamis (24/3/2022).

Hadiri dalam kegiatan itu diataranya, para Asisten, Staf Ahli, Kepala Badan dan Kepala Dinas di Lingkup Pemerintah Kota Ternate, para Camat dan delegasi Kecamatan, para Pemangku Kepentingan dan Stakeholder lainnya.

Penutupan ini sekaligus penyerahan dokumen Musrenbang RKPD Kota Ternate yang diserahkan oleh Wakil Wali Kota kepada Kepala Kepala Bappelitbangda, Rizal Marsaoly.

Jasri Usman dalam sambutannya mengatakan, hasil pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Musrenbang RKPD Kota Ternate, yang telah dilaksanakan selama 2 (dua) hari.

“Tentunya telah menghasilkan rumusa-rumusan program prioritas, sekaligus melakukan kompilasi dan sinergitas usulan Musrenbang Kecamatan dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kota Ternate Tahun 2023,” ujarnya.

Perumusan tersebut diatas, kata dia, bertujuan untuk menyelaraskan rencana program dan pendanaan, serta indikator dan target kinerja masing-masing Perangkat Daerah ke dalam Rancangan RKPD Kota Ternate Tahun 2023.

“Dan dengan memperhatikan kondisi aktual, urgensi dan kebutuhan yang berkembang, akhirnya menyepakati hasil sinkronisasi Rencana Kerja Perangkat Daerah,” ucapnya.

Dia menyampaikan, mengakomodir berbagai aspirasi, ide dan gagasan yang telah berkembang, baik pada Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD, menjadi catatan penting bersama untuk dapat menyempurnakan dokumen Rancangan RKPD Kota Ternate Tahun 2023.

“Dinamika diskusi selama 2 (dua) hari ini, merupakan bagian dari fokus penyempurnaan rancangan RKPD Kota Ternate Tahun 2023, saya dan Pak Wali Kota Tauhid Soleman, menjadikan ini sebagai semangat bersama para pemangku kepentingan.”

“Pada tujuan akhir, akan menjadikan dokumen ini sebagai dokumen yang benar-benar terencana dan terukur sesuai dengan janji-janji kampanye kami berdua,” sambungnya.

Maka dari itu, lanjut dia, dokumen RKPD Kota Ternate diharapkan akan menjadi buku panduan perencanaan tahunan yang terukur, efektif, dan tepat sasaran.

“Sehingga saya mengrapkan output dari hasil Musrenbang ini, dapat mewujudkan sebuah dokumen perencanaan yang mencerminkan kebijakan-kebijakan, sesuai dengan tuntutan dan aspirasi kebutuhan masyarakat atau para pemangku kepentingan,” harapnya.

Maka dari itu, pemerintah telah memilih tema sentral pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD, yaitu “Pengembangan Infrastruktur Dan Percepatan Pemulihan Ekonomi Melalui Daya Saing Industri Kreatif Serta Mendorong Tumbuhnya UMKM Dan IKM”.

“Saya berharap seluruh Perangkat Daerah harus benar-benar bekerja dan berkoordinasi, serta mampu mengintegrasikan peran masing-masing Perangkat Daerah, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi, sebagai turunan atas amanah besar yang telah dititipkan untuk Saya dengan Pak Wali Kota Ternate.”

“Untuk mewujudkan pembangunan sesuai dengan harapan masyarakat Kota Ternate, dan untuk para pemangku kepentingan, mari kita kawal bersama-sama proses pembangunan daerah, untuk wujudkan Ternate Mandiri dan Berkeadilan,” terangnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA