Sekda Malut Ungkap Penyebab Kontraktor Masjid Raya Sofifi Belum Dibayar

Reporter: Ong Rasai

SOFIFI,AM.com – Pemerintah Daerah Provinsi Maluku Utara langsung bereaksi setelah surat somasi pembongkaran beberapa item di masjid raya Shaful Khairaat Sofifi dilayangkan oleh PT. Anugerah Lahan Baru sebagai kontraktor yang telah menyelesaikan pekerjaannya.

Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsudin A Kader langsung memanggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) untuk menyelesaikannya.

“Jadi kita mengecek kembali dengan kepala dinas PU, saya suruh Kepala Dinas PU untuk mengecek kembali terkait dengan kontraknya karena sebenarnya semuanya ada  pada kontrak awal,” ungkap Sekda Malut saat ditemui di Kantor Gubernur Malut, Rabu (23/3/2022).

Menurutnya, pekerjaan lanjutan pembangunan Masjid Raya Shaful Khairaat Sofifi memang telah dilakukan, hanya saja ada kekurangan dana yang menyebabkan pembayaran tertunda.

“Pada kontrak itu ada tetapi waktu itu mungkin karena ada kekurangan dana sehingga dibuat CCO nya,” jelas mantan Kepala Bappeda Malut ini.

Pada intinya kata Sekda Malut, Pemerintah Daerah pasti akan membayar hasil kerja yang sudah dilakukan oleh kontraktor, dengan memperhatikan laporan analisis dari Danis PUPR.

Ditanya terkait dengan, telah keluar Surat Perintah Membayar (SPM) sejak November 2021 namun belum dikeluarkan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) hingga saat ini, menurutnya hal itu karena ada kontrak baru yang diperbaharui.

“Memang sudah keluar tetapi karena ada perubahan kontrak sehingga pengajuannya belum, oleh karena itu nanti kita lihat dari sisi aturannya, kita juga pasti akan membayar cuma kita lihat ketentuan-ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Menanggapi rencana kontraktor untuk membongkar, orang nomor 3 di Setda Malut itu meminta jangan dibongkar.

“Kita harapkan pembongkaran ini tidak terjadi, yang jelas ini tidak bermasalah karena yang bermasalah itu kalau barangnya tidak ada tetapi ini barangnya ada dan kerjanya sudah dilaksanakan sehingga kita akan mencari jalan terbaiknya seperti apa agar tidak ada yang dirugikan,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA