Bappelitbangda Sinergikan 8 Misi Ternate Andalan

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang Rencana Kerja Pimpinan Daerah (RKPD) Tahun 2023 berlangsung di Royal’s Resto pada Rabu (23/3/2022). Kegiatan ini guna sinergikan 8 (delapan) misi Ternate Mandiri dan Berkeadilan sesuai hasil Musrenbang tingkat Kecamatan dan Kelurahan.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, pelaksanaan kegiatan tahap pertama forum perangkat daerah ini telah melibatkan delegasi dari setiap Kecamatan.

“Nantinya perangkat daerah melihat sejauh mana usulan yang telah disepakati di tingkat kecamatan,”ujar Rizal.

Ia menyebutkan, Rencana Kerja OPD Tahun 2023 yang tertuang dalam Rencana Strategis itu sudah sesuai dengan RPJMD 2021 – 2026. Sebab, tugas Bappelitbangda hanya mempertemukan Bottom Up dan Top Down dalam satu forum RKPD.

“Nanti setelah melihat apa yang menjadi substansi dari 8 Kecamatan, baru disinergikan dengan apa yang menjadi Top Down untuk 8 misi yang ada di RPJMD,” ucapnya.

Ia menuturkan, sebanyak 14 program prioritas yang menjadi penguatan itu, mendorong infrastruktur untuk UMKM dan IKM 2023.

“Tetapi di Tahun depan harus membutuhkan penguatan ekstra, karena di Tahun 2024 sudah tahun politik. Sehingga ini yang disarankan Kementerian PUPR, untuk melihat sejauh mana DAK di Tahun depan,” ucapnya.

Meskipun 2024 sudah memasuki tahun politik, tetapi kata dia, ada kebijakan presiden yang berakhir Tahun 2023, sehingga ada peluang bagi daerah untuk menyampaikan ke Musrenbang Nasional melalui Bappeda Provinsi Maluku Utara.

“Hasil rekapan yang kami lihat itu, sejauh mana keberpihakan program dan kegiatan hasil kompilasi tadi, penguatan terhadap misi satu sampai misi delapan. Jadi tidak lihat keberpihakan ke bidang ekonomi, bidang sosial, tetapi kita meliha keterbepihakan 8 misi, saat LKPJ disampaikan tahun mendatang,” jelasnya.

Rizal berharap, setiap tahun harus ada perbaikan di tahapan perencanaan, karena ini yang menjadi substansi Musrenbang.

Sekedar diketahui, delapan misi Ternate Andalan itu diantaranya:

  1. Menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat, sebagai pusat pertumbuhan ekonomi regional.
  2. Terciptanya tata kelola pemerintahan yang ekstraktif dan responsif.
  3. Meningkatkan kemampuan daerah dalam penyediaan pelayanan publik yang berkualitas,
  4. Menumbuh-kembangkan kelembagaan sosial dalam bingkai 7 nilai dasar kebudayan Ternate (Kie se Gam Magogugu Matiti Tomdi).
  5. Setiap warga memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam berekonomi.
  6. Setiap warga masyarakat memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam memperoleh pelayanan sarana prasarana perkotaan.
  7. Daerah melindungi masyarakat yang kurang mampu.
  8. Daerah memberikan ruang untuk tumbuh dan berkembangnya budaya masyarakat dengan memperhatikan sistem nilai dan norma sosial.
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA