spot_imgspot_img

Rakorda Dishub Malut di Sula, Usung Tema Sinergitas Transportasi

Reporter: Nai Am

SANANA,AM.com– Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Perhubungan telah melakukan Rapat Koordinasi Daerah Dinas Perhubungan se-Maluku Utara (Rakorda Dishub Malut) dengan tema “Penguatan Sinergitas Sektor Transportasi Kewilayahan di Provinsi Maluku Utara”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Istana Daerah (Isda), Desa Mangon, Kecamatan Sanana. Senin, (21/3/2022) malam.

Kepala Dinas Perhubungan Malut, Armin Zakaria dalam sambutannya menyebutkan, sejumlah persoalan kerap kali disampaikan baik dari masyarakat maupun dari kalangan pengamat transportasi kepada pemerintah daerah, terkait dengan rendahnya aksesibilitas terbatasnya infrastruktur wilayah rendahnya kualitas dan kuantitas SDM serta keamanan dan keselamatan transportasi, baik darat maupun laut.

“Minimnya sinergitas perencanaan pembangunan transportasi di Maluku Utara. Kondisi tersebut ditengarai karena belum terkoneksi dengan baik antara sektor transportasi di masing-masingk abupaten/Kota dalam lingkup Provinsi Maluku Utara,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perhubungan Maluku Utara, Armin Zakaria.

Armin bilang, saat ini total panjang jalan di provinsi Maluku Utara dan kabupaten kota di provinsi Maluku Utara 7.354,39 KM yang terdiri dari jalan nasional kurang lebih sepanjang 1.203,34 KM, jalan provinsi sepanjang 1.276, 80 KM, dan jalan kabupaten kota sepanjang kurang lebih 4.874,25 KM.

Jumlah pelabuhan laut yang digunakan untuk angkutan laut di provinsi Maluku Utara kurang lebih 60 pelabuhan, dan rencana induk pelabuhan di Provinsi Maluku Utara Sesuai dengan keputusan Menteri Perhubungan tahun 2017  mencapai 132 pelabuhan, sementara jumlah bandara dalam wilayah provinsi Maluku Utara kurang lebih seluruhnya 9 lokasi bandara dan rencana pembangunan bandara sebanyak 4 bandara.

“Sehingga intinya, perencanaan pembangunan transportasi darat, laut, dan udara di Provinsi Maluku Utarak edepan diharapkan dapat lebih sinergi sehingga Sistem transportasi yang dibina dapat mampu menghasilkan jasa transportasi yang handal, berkemampuan tinggi dan diselenggarakan secara terpadu, tertib, lancar, aman, nyaman dan efisien dalam menunjang dan sekaligus menggerakkan dinamika pembangunan,” ujar mantan juru bicara gubernur Malut ini.

Armin berharap dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan, dapat menguatkan sektor transportasi kewilayahan. Tak lupa, ia pun berterima kasih kepada Pemerintah daerah Kepsul yang telah bersedia menjadi tuan rumah.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Sula yang bersedia menjadi tuan rumah pada tahun ini untuk diselenggarakan rapat koordinasi pembangunan sektor transportasi di Maluku Utara, pungkasnya.

Sementara, Bupati Kepsul, Fifian Adeningsi Mus dalam sambutannya menyampaikan, rapat koordinasi dan sinkronisasi Dinas Perhubungan yang rutin diselenggarakan setiap tahun diharapkan dapat terciptanya sinergitas dan sinkronisasi kebijakan pembangunan di bidang keuangan antara pemerintah pusat pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten kota.

FAM bilang, Maluku Utara merupakan provinsi Kepulauan dengan segala karakteristik bentangan alam darat dan lautnya termasuk Kabupaten Kepulauan Sula, sehingga perlu mendapat perhatian serius dan komitmen tinggi serta hubungan antarwilayah mendukung dan menggerakkan pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Membangun Maluku Utara menurutnya,  bukan hanya memikirkan 1/2 kabupaten kota semata, namun perlu memikirkan dengan matang lintas bidang dan wilayah, termasuk dengan kabupaten kota di provinsi tetangga, baik sebagai pintu masuk maupun keluar suatu komoditas unggulan.

“Selain itu, dalam rangka upaya meningkatkan keamanan dan keselamatan transportasi yang akhir-akhir ini terjadi kecelakaan pada moda transportasi laut di wilayah, perlu mendapat perhatian serius dari berbagai pihak pemerintah unsur atau elemen lingkungan maupun masyarakat pengguna jasa transportasi,” pintanya.

Selaku tuan rumah, FAM berharap, kegiatan rapat koordinasi yang telah dilakukan, menjadi solusi atas permasalahan yang ada.

“Kami selaku tuan rumah menyambut baik dan berharap, semoga dengan rapat koordinasi dan sinkronisasi dinas Perhubungan se-Provinsi Maluku Utara ini kita semua dapat melahirkan kebijakan dan arahan yang menjadi solusi atas permasalahan yang ada selama ini, dan menjadi langkah strategis untuk kemajuan daerah yang kita cinta dengan meningkatkan pelayanan di sektor transportasi,” tutupnya.

Selanjutnya, kegiatan Rakorda ini dihadiri oleh seluruh Kepala Dinas Perhubungan kabupaten kota se-provinsi Maluku Utara, yang berlangsung Selasa (22/3/2022) di Hotel Beliga Sanana, (0n9)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL