Meriahnya Lomba Bertutur Tingkat SD di Tidore

Reporter: Ong Rasai

TIDORE,AM.com – Lomba bertutur tingkat SD/MI se-Kota Tidore Kepulauan berlangsung meriah, tiap anak perwakilan sekolah menunjukan kemampuan bertutur di depan umum.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi penerusnya mempunyai karakter yang dibentuk melalui pola pendidikan, baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal, yang mengacu pada pembelajaran, peningkatn moral dan intelektual, keterampilan serta kreativitas dengan melinatkan peranan keluarga, sekolah maupun masyarakat dalam upaya menumbuh kembangkan kegemaran baca anak sejak usia dini,” Wali Kota Tidore Kepulauan lewat sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Walikota Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Marjan Jumati pada acara pembukaan Lomba Bertutur Tingkat SD/MI se-Kota Tidore Kepulauan.

Kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Tidore Kepulauan ini dalam rangka Program Pembudayaan Gemar Membaca Tingkat Dearah Kota Tidore Kepulauan Tahun2022 yang bertempat di Aula SMA Negeri 1 Tidore, Senin (21/3/22).

Marjan Jumati juga menambahkan lomba ini merupakan salah satu upaya untuk pengembangandan pembudayaan kegemaran membaca dan menulis dikalangan anak-anak yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan kegemaran membaca melalui kegiatan variatif.

Selain itu meningkatkan kreatifitas mengolah dan menyampiakn informasi, menarik minat baca anak tentang buku-buku ceruat budaya daerah serta menumbuhkan kecintaan akan budaya khususnya budaya lokal daerah.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tidore Kepulauan dalam laporanya mangatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah menumbuhkembangkan budaya gemar membaca anak-anak melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan nasional dan lokal, membangun karakter, kecerdasan inovasi serta daya kompetitif bangsa selain itu juga mengangkat dan mempopulerkan buku-buku ceriat budaya lokal dan menumbuhkan kembangkan kecintaan anak-anak terhadap karya budaya lokal.

Peserta dari kegiatan ini SD/MI se Kota Tidore Kepulauan yang difokuskan oleh siswa-siswi Kelas 3 dan 4 masing-masing sekolah mewakili satu orang siswa dan dilanjutkan dengan Penyerahan Majalah Literasi dari Forum Kordinasi Komunitas Literasi Kota Tidore Kepulauan kepada Staf Ahli Walikota Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Marjan Jumati. (Rls)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA