Wali Kota Ternate Presentasi Geopark Batu Angus di Badan Pusat Geologi Nasional

Penyerahan Dokumen Usulan Penetapan warisan Geologi Ternate Sebagai salah satu syarat menuju geopark

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman memaparkan potensi Geopark Batu Angus, di Badan Pusat Geologi Nasional, Kota Bandung, Senin (21/3/2022).

Sebelumnya, Tahun 2019 lalu, semenjak Rizal Marsaoly menjadi Kepala Dinas Pariwisata, dirinya melaksanakan proyek perubahan (Proper) Kepemimpinan (PIM) dengan judul Destinasi Batu Angus sebagai hasil produk gunung Gamalama pada Tahun 1737 – 1907.

Judul ini dengan tujuan, Batu Angus bisa diinovasikan sebagai model pengembangan geowisata Ternate. Dalam Proper PIM waktu itu, Rizal juga melibatkan Pengda Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI) Maluku Utara.

Bukan saja itu, pada Tahun 2020 Pemerintah Kota Ternate melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pengda IAGI Malut tentang interesting adalah pengembangan geowisata dan warisan geologi guna menuju Ternate sebagai geopark Pulau Gunung Api. Di Tahun ini juga, Pemkot mengusulkan  Pulau Gunung Api menjadi Geopark Nasional.

Wali Kota Termate usai pemaparan materi menyampaikan, potenai itu akan menjadi aset geologi. Dimana, di Tahun 2020, sudah dilakukan penyusunan Road Map menuju Geopark.

Kemudian, tahun 2021, pemetaan detail keragaman geologi oleh tim Pengda IAGI, dan dilanjutkan dengan finalisasi dokumen pengusulan.

Lanjut Wali Kota, sedangkan di tahun 2021, geowisata Batu Angus menjadi yang terbaik pada seleksi pengembangan geowisata yang di prakarsai oleh PP IAGI dan MAGI guna mendapat dukungan pengembangan oleh Kementerian PUPR.

“Pada Tahun 2020, Penyusunan Road Map menuju Geopark, pada Tahun 2021, Pemetaan detail Keragaman Geologi oleh Tim Pengda IAGI. Di Tahun ini, sudah dilakukan finalisasi dokumen Pengusulan,” tuturnya.

Selanjutnya, pada Tahun 2021, Geowisata Batu Angus menjadi yang terbaik pada seleksi pengembangan geowisata yang di prakarsai oleh PP IAGI dan MAGI guna mendapat dukungan pengembangan oleh Kementerian PUPR.

“Tahun 2021, terwujudnya Ternate Geopark Youth Forum (Bapenas) dan pada tahun 2022 ini, Pengusulan Warisan Geologi, untuk yang pertama kali di Maluku Utara dan mungkin di Indonesia Timur,” ujarnya, sembari menyebutkan, skema pengusulan ini telah terintegrasi dalam RDTR dan RTRW.

“Langkah demi langkah telah kita lalui, bersama teman IAGI MALUKU UTARA maupun pengurus IAGI Nasional, kami berharap adanya kolaborasi pentahelix dengan baswd community, agar pemantapan dan penetapan tidak mengalami kendala,”katanya.

Meski begitu, Wali Kota mendatangi Badan Pusat Geologi di Kota Bandung, langsung diterima Kepala Badan Pusat Geologi, Eko Budi Lelono.

“Ada beberapa poin yang disampaikan antara lain, secara resmi Kota Ternate teregister sebagai kandidat warisan geologi, geosite terpetakan di 43 titik. Dan para tim asesor akan melakukan tahapan, yakni review, diskusi – visiting site, FGD dan penetapan,” ucapnya.

Sekedar diketahui, kegiatan ini, Wali kota didampingi oleh Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Rizal Marsaoly, Ketua IAGI Maluku Utara, Dedi Arif, IAGI Nasional, Dicky Muslim, Kabid Geologi Provinsi Malut Halim, Tenaga Ahli Wali Kota, Rosydan Arby.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA