Tingkatkan Fasilitas Literasi Maluku Utara, Muliadi Temui  Pejabat Perpusnas

JAKARTA, AM.com – Perkembangan literasi Maluku Utara terus meningkat. Sehingga itu, fasilitas penunjang terus ditingkatkan, seperti taman baca, mobil baca dan juga pojok baca digital. Apalagi diera sekarang, literasi digital cukup diminati.

Hal ini lah membuat Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) provinsi Maluku Utara, Muliadi Tutupoho selain bangun kerjasama dengan perguruan tinggi, melobi ke pusat melalui Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

Keseriusan Muliadi meningkatkan fasilitas perpustakaan dirinya langsung menemui Deputi II Perpusnas bidang Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan, Drs. Deni Kurniadi, yang didampingi oleh Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus, Upriadi, pada Jumat (18/3/2022) di Jakarta.

Mulyadi menjelaskan, dirinya menyampaikan kondisi dan perkembangan perpustakaan di wilayah Maluku Utara baik perpustakaan daerah, perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan sekolah, perpustakaan khusus serta perpustakaan Desa dan komunitas yang terus megalami peningkatan dan sangat membutuhkan fasilitas pendukung.

Sehingga itu, ia meminta dukungan dan bantuan penambahan fasilitas penunjang perpustakaan di daerah seperti mobil perpustakaan keliling, pojok baca digital, pembangunan gedung layanan perpustakaan.

Disamping itu mantan juru bicara Gubernur ini menyampaikan rencana festival literasi di Maluku Utara pada bulan Oktober 2022 mendatang.

“Kami juga meminta kesediaan kepala PERPUSNAS menghadiri acara Rakor Dinas kearsipan dan perpustakaan se Maluku Utara di Pulau Morotai,”ungkap Muliadi ketika dikonfirmasi, Minggu (20/3/2022).

Setelah mendengar penyampaian, laporan dan permintaan Kadisarpus, Deni menyampaikan bahwa dirinya akan membantu Maluku Utara atas beberapa permintaan tersebut. 

Pihaknya akan memutuskan setelah berkoordinasi dengan Kepala Perpusnas, Drs. Syarif Bando. 

“Selain itu Deputi juga menyanggupi akan menghadiri Rakor di Morotai,”ujar Muliadi mengutip pernyataan Deni.

Pertemuan Kadisarpus Malut dengan Deputi didampingi oleh sekretaris Dinas Suhaili Abas, kasubag kepegawaian, Umum, dan keuangan Iskar M. Madang, berserta dua staf Disarpus.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA