Wali Kota Ternate Hadiri Rakor Muhibah Budaya Jalur Rempah Tahun 2022

Reporer : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Wali Kota Ternate, Dr. M Tauhid Soleman menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) tentang Muhibah Budaya Jalur Rempah Tahun 2022, dengan Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Hilmar Farid.

Wali Kota yang didampingi Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Pendidikan, dan Kepala Dinas Pariwisata kota Ternate.

Dalam agenda Rakor tersebut, Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid menyampaikan, agenda di Tahun 2022 ini, menyepakati ekspedisi laskar jalur rempah yang rutenya dari Surabaya, Makassar, Buton, Ternate, Tidore, Banda Naira, hingga Kupang. Dan terakhir balik lagi ke Surabaya.

“Agenda ekspedisi jalur rempah ini dimulai dari 1 Juni – 2 Juli 2022. Sedangkan kota Ternate menadapatkan jadwal persinggahan pada tanggal 14 – 16 Juni 2022,” ucapnya.

Terpisah, Wali Kota Ternate menuturkan, pemerintah kota ternate sangat bersepakat dengan kegiatan Muhibah Jalur Rempah sesuai rute untuk ekspedisi dengan KRI Dewaruci.

Dalam pertemuan tersebut, orang nomor satu dijajaran pemerintah kota ternate, menyampaikan, kegiatan ini pernah dilakukan. Selain kegiatan itu, Ternate sudah menjadi city branding sebagai Ternate Kota Rempah.

“Seharusnya, Kota Ternate dan Tidore menjadi episentrum dari jalur rempah ini, bukan hanya sekedar persinggahan lewat jalur rempah, karena Ternate pada 1500an telah menjadi pusat peradaban rempah,” terang Wali Kota.

Meskipun begitu, mantan sekretaris Kota Ternate ini sangat mendukung dan memfasilitasi untuk para laskar Jalur Rempah yang akan tiba di Kota Ternate.

Sekedar diketahui, hadir dalam Rakor itu, Bupati Mojokerto, Sekretaris Kota Tidore, dan beberapa pejabat daerah Kabupaten Bau-Bau, Buton.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA