PUPR Malut Gelontorkan 3,6 Miliar Bangun Jembatan Ambruk Payahe-Dahepodo

SOFIFI, AM.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara, akan membangun kembali Jembatan permanen penghubung antara desa Sigela Yef dan desa Kususinopa kecamatan Oba, Kota Tidore kepulauan pada ruas jalan Payahe Dahepodo yang ambruk bulan lalu.

Untuk memperbaiki jalan yang menghubungkan ruas Jalan Payahe-Dahepodo tersebut, Dinas PUPR provinsi Maluku Utara akan menggelontorkan dana sebesar Rp3,6 miliar. Dimana, ruas jalan Provinsi ini kerusakan jembatan menyebabkan akses jalan pada dua desa tersebut terganggu. 

Meskipun dalam kesepakatan rapat sebelumnya antara kepala  Dinas  PUPR, komisi III DPRD, dan BPBD setelah memantau langsung di lokasi pada Selasa (15/2/2022) lalu yang dalam kesepakatan akan dibangun dengan anggaran DTT akan tetapi ternyata sudah ada di DPA PUPR tahun 2022.

Kepala Dinas PUPR provinsi Maluku Utara, Djafar Ismail mengaku, anggaran jalan sudah ada dalam i DPA sebesar Rp3,6 miliar, yakni pekerjaan jembatan Sigela Yef pada ruas jalan Payahe – Dahepodo. Pembangunan jembatan sepanjang13 meter ini sudah mulai dipersiapkan untuk lelang.

“Sementara dalam tahap persiapan dokumen pelelangan, yang jelas itu sudah ada DPA-nya dan dibangun tahun ini,”jelasnya.

Djafar mengatakan, meskipun baru mulai persiapkan dokumen tetapi jembatan darurat sudah dibangun dinas PUPR sehingga akses jalan masyarakat berjalan seperti biasa.

“Sudah ada jembatan sementara disana yang telah kami bangun. Untuk itulah, kita akan bangun jembatan permanen untuk menghubungkan kedua wilayah itu, daerah lain. Karena ini jalan provinsi,”terangnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA