Plaza Gamalama Modern Ternate Bakal Dioperasikan, Ini Penjelasan Rizal

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Pemerintah Kota Ternate akan mengoperasikan Plaza Gamalama Modern usai Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Hal ini disebutkan Kepala Bappelitbangda Kota Ternate, Rizal Marsaoly pada Jumat (11/3/2022).

Rizal mengatakan, operasi atau difungsikan ini karena sebelumnya sudah dilakukan rapat koordinasi bersama sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan PT. Intimkara selaku pelaksana kegiatan.

Menurut penyampaian PT. Intimkara bahwa pembangunan Fisik Plaza Gamalama telah selesai dan sudah diserahkan ke Pemerintah Kota sejak Tahun 2021.

Rizal menjelaskan bahwa ada tiga poin yang dihasilkan untuk persiapan pengoperasian Plaza Gamalama Modern, yakni Instalasi Pengelolaan Limbah (IPAL), kelengkapan adminastrasi persiapan lelang, dan penilaian melalui tim appraisal (Penilaian).

Untuk pembuatan IPAL sendiri, kata Rizal, membutuhkan lahan seluas 6×4 meter, namun sudah didapat solusinya saat dalam rakor. Maka itu, Dinas PUPR diminta segera memastikan lokasi IPAL.

“Saya sudah minta ke Dinas PUPR melalui Bidang Cipta Karya agar Senin besok sudah harus turun ke lapangan,” ucap Rizal.

Soal kelengkapan administrasi persiapan lelang ke pihak ketiga, lanjut Rizal, akan dibuatkan SK serta dibentuk tim panitia pelaksana lelang.

Meski begitu, sambung dia, sebelumnya harus dilakukan penilaian oleh tim appraisal yang rencananya didatangkan dari Manado.

“Tujuannya untuk melihat nilai sewa pemanfaatan gedung yang akan ditawarkan ke pihak ketiga.

Selain itu, BPKAD juga sedang menyiapkan Surat Keputusan tentang pemanfaatan barang milik daerah terkait dengan Plaza Gamalama. Dan itu nantinya Bappelitbangda akan membuat Skedul, agar progress kerja bisa diukur.

“Jadi nanti bisa, diukur progres kerjanya. Kira-kira dalam beberapa waktu kedepan, apa yang sudah dilakukan. Misalnya kalau SK sudah selesai, selanjutnya lelang, terus tim Apraisal kapan datang,” tutur Rizal.

Rizal menyebutkan, diharapkan setelah bulan Ramadhan tahun ini, semua tahapan sudah selesai. Sehingga sudah bisa diketahui waktu pengoperasian Plaza Gamalama.

“Saya minta kalau boleh selesai Ramadan atau Idul Fitri semua tahapan sudah selesai, dan kita sudah bisa tetapkan kapan Plaza Gamalama ini mulai beroperasi,” ujarnya.

Rizal menambahkan bahwa, menurut PT Intimkara, nanti akan ada tim dari jakarta yang datang untuk melakukan pengecekan fasilitas seperti Eskalator, listrik, AC, sebelum penandatanganan Final Hand Over (FHO) dengan Dinas PUPR Kota Ternate.

“Jadi harus lebih dulu dicek semuanya, mulai dari listrik maupun fasilitas lain. Supaya pada saat beroperasi sudah tidak mengalami kendala,” tandasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA