Pemilik Lahan Blokade Taman Armydock, Kaban Kesbangpol Dan Kasatpol-PP Pasang Badan

Reporter: Maulud Rasai

MOROTAI,AM.com – Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol-PP) Yanto A. Gani dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pulau Morotai, Lauhin Gorahe, pasang badan dalam penyelesaian blokade taman Armydock oleh pemilik lahan.

“Besok tong dua desak, karena ini tong dua pe nama pak Kaban,” ungkap Yanto dan Lauhin di hadapan pemilik lahan, Senin (07/03/2022) malam tadi.

Menurut Yanto, hal tersebut berani disampaikan kepada pemilik lahan lantaran sudah mendapat sinyal dari Asisten I Setda Pulau Morotai terkait dengan pembayaran lahan milik Nona Ema sebesar Rp. 480 juta sekian.

“Yang pasti Pemda akan selesaikan pembayarannya, jadi tong baku mengerti dulu. Jadi pembayaran pertama ini Rp. 250 juta dulu, bukan Rp. 150 juta. Itu langsung disampaikan oleh Asisten I melalui telpon, bahwa akan dilakukan pelunasan,” ungkap Yanto.

Hal senada juga disampaikan oleh Lauhin Gorahe, dimana dirinya mengaku bahwa proses pembayaran itu akan dilakukan Pemda Morotai lantaran Surat Perintah Membayar (SPM) sudah dikeluarkan oleh Pemda Morotai.

“Tadi dong so Kase keluar SPM dan saya juga sudah ditelpon oleh asisten I kalau dibayar secara keseluruhan memang belum bisa. Soalnya, lahan warga yang belum terbayar oleh Pemda itu bukan hanya Ibu nona punya, tapi masih ada warga yang lain juga,” ungkapnya.

“Sisa pembayaran akan dilakukan pada triwulan II tahun ini karena berhubungan dengan dana yang ada di Pemerintah Daerah. Yang jelas di Bulan April sisanya sudah dilunasi. Untuk itu, kami berharap Ibu Nona dan keluarganya harus bersabar sedikit,” sambung Lauhin.

Mendengar pernyataan Kasatpol-PP dan Kaban Kesbangpol, pemilik lahan juga tak kehilangan akal sehingga membuat surat pernyataan bermaterai 10.000 yang ditanda tangani oleh keduanya, dimana dalam surat pernyataan tersebut dituliskan.

Tanda tangan surat pernyataan oleh pemilik lahan dan Kasatpol PP bersama Kepala Kesbangpol Morotai. (Foto: Lud)

“Surat pernyataan kami yang bertandatangan di bawah ini. Nama : Yanto A. Gani, Jabatan Kasatpol PP. Nama Lauhin Goroahe, Jabatan Kaban Kesbangpol. Bahwa pencairan sebesar Rp. 250 juta. Atas lahan area Army Dock akan diproses pada besok hari. Selasa 8 maret 2022. Sesuai tuntutan pemilik lahan. Demikian surat ini dibuat sebagai bukti negosiasi kami pada hari ini dengan pilik lahan,” tambahnya.

Untuk diketahui, mendengar penyataan Kaban Kesbangpol dan Kasatpol-PP disertai dengan surat pernyataan bahwa akan dilakukan pembayaran pada besok hari, pemilik lahan pun bersedia membuka pemblokade taman Armydock. (lud)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA