Ini Jenis Lomba dalam MTQ Tingkat Kabupaten Pulau Morotai

Reporter: Maulud Rasai

MOROTAI,AM.com – Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pulau Morotai, Sahril Totona mengaku ada tujuh jenis mata lomba yang dilombakan dalam pelaksanaan Lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten tahun 2022.

Tujuh jenis lomba kata Sahril, terdapat didalamnya kategorisasi. “Yang pertama itu seni baca Qur’an dan Tilawah, itu kategorinya ada tiga yaitu tilawah anak putra putri, tilawah remaja putra putri, dan tilawah dewasa putra putri. Kemudian cabang lomba hafidz Qur’an, itu kategorinya ada lima yaitu hafalan 1 juz dan tilawah putra putri, hafalan lima juz dan tilawah putra putri, 10 juz putra putri, 20 juz putra putri sampai 30 jus putra putri,” ungkap Sahril ketika ditemui di Kantor Bupati, Selasa (01/03/2022).

Lanjut Dia, mata lomba berikutnya adalah Fahmil Qur’an, itu juga kategori putra dan putri. Begitu juga Sahhi Qur’an dengan kategori putra putri. Kemudian Hatil Qur’an ada kategori kali grafi naskah, Mushaq, dekoratif, dan kontemporer.

“Dua yang tambahan itu Qir’ah. Qir’ah sabah dan mujawal, dan karya ilmiah Alquran,” jelasnya.

Menurutnya, momentum pelaksanaan MTQ Kabupaten adalah menyeleksi Qori dan Qori’a terbaik anak Morotai yang nantinya diikutsertakan di MTQ tingkat Provinsi.

“Juri semuanya 17 orang, terdiri dari provinsi 4 orang, sisahnya juri lokal. Yang lokal ini juga mereka sudah pernah menjadi dewan hakim di tingkat Provinsi. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp. 300 juta,” jelasnya.

Untuk diketahui, lomba MTQ digelar selama lima hari terhitung sejak tanggal 27 Februari kemarin hingga 3 Maret nanti. Dimana peserta yang ikut dalam lomba MTQ tahun 2022 sebanyak 150 peserta dari enam kecamatan yang yang ada di Pulau Morotai. (lud)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA