Tak Capai Target Vaksinasi, 7 Pj Kades di Morotai Dievaluasi DPMD

Reporter: Maulud Rasai

MOROTAI,AM.com – Sejumlah Pejabat Kepala Desa (PJ Kades) di Kabupaten Pulau Morotai, terpksa dievaluasi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Morotai, Ahdad Hi. Hasan, karena tak capai target vaksinasi.

Menurut Ahdad, hal tersebut dilakukan lantaran tidak tepati apa yang menjadi kesepakatan rapat antara DPMD dan Pejabat Kades beberapa pekan lalu, Dimana tepat pada tanggal 26 Februari proses vaksinasi sudah capai angka 90-70. Dimana 90 persen untuk dosis pertama, dan 70 persen untuk dosis kedua.

“Ternyata sampai dengan tanggal 26 kemarin itu masih banyak desa yang belum mencapai target sehingga ada beberapa langka yang kami ambilbsalah satunya bagi desa yang tingkat vaksinasi tidak naik maka yang terjadi adalah kepala desa atau pejabat kepala desa yang tidak komperatif maka pejabat yang bersangkutan saya evaluasi,” ucap Ahdad, ketika dikonfirmasi di kantornya, Selasa (01/03/2022).

“Untuk saat ini yang saya sudah evaluasi dan menyurat kepada semua karateker yang vaksinasinya tidak naik, tetapi untuk menajdi evaluasi secara full itu ada kurang lebih 7 Kades dan 2 Kades lainnya saat ini sudah saya proses salah satunya Kades Muhajirin,” sambungnya.

Dirinya juga mengaku bahwa hingga kini, pihaknya juga masi melakukan upaya-upaya agar Desa yang belum mencapai target vaksinasi bisa segera mencapainya.

“Kami coba semaksimal mungkin menggunakan upaya-upaya supaya semua yang belum capai itu bisa capai. Untuk itu, hari ini saya mencoba untuk melakukan analisa bagi desa-desa yang sudah selesai mungkin saya berpikir untuk pelaksanaannya di awal Minggu ini atau Minggu kedua untuk pelaksanaan Pilkades tahap V, “katanya.

Walaupun begitu, untuk rencana pelaksanaan Pilkades bagi desa yang sudah mencapai target vaksinasi itu pihaknya mengaku masih harus berkonsultasi dengan pihak keamana dan instansi terkait lainnya.

“Tetapi itu pun saya akan coba berkonsultasi dulu dengan berbagai pihak, dalam hal ini dari sisi keamanan dan lain sebagainya. Karena sampai dengan hari ini dari 42 Desa yang belum melaksanakan Pilkades itu baru terdapat 14 yang memenuhi syarat secara aturan (Perbup) dimana 90 persen untuk dosis pertama dan 70 persen untuk dosis kedua,” akunya.

Ditanya soal 14 desa yang dikabarkan sudah mencapai target vaksinasi itu, dirinya mengaku bahwa  14 desa tersebut tersebar di Tiga kecamatan di Pulau Morotai.

“14 desa itu tersebar di yiga kecamatan, yakni Kecamatan Morotai Selatan, Morotai Utara dan Kecamatan Morotai Jaya,” pungkasnya. (lud)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA