Semifinal Persiga FC VS Bintang Selatan Ditentukan dengan Adu Penalti

Reporter: Ong Rasai

TIDORE,AM.com – Dua tim tangguh bertemu di semifinal Tomagoba Open Tournament usia 23 (TOPMANT U-23), antara Persiga FC dari Kelurahan Gamtafkange dan Bintang Selatan dari Kelurahan Tonguwai di Stadion Tomagoba, Minggu (27/2/2022).

Kedua kesebelasan bermain menyerang sejak wasit tengah Zulkifli Abukasim meniup peluit kick off pertama dimulai, berulang kali Darman Selang CS mengancam gawang Bintang Selatan namun tak mampu mengubah papan skor. Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata.

Memasuki babak kedua, Persiga Gamtafkange lebih menguasai jalannya pertandingan, akan tetapi barisan pertahanan Bintang Selatan terlampau kuat untuk ditembus, kerjasama apik antara Darman Selang dan Alfaris Ramlan nyaris menjadi gol indah.

Fadel Ali dan M Jiko Hi Ishak juga nyaris mencetak gol, namun masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Persiga FC, Imam Fatur Rahman. Hingga babak kedua berakhir tak ada sebiji gol pun yang dicetak, sehingga pemenang ditentukan dengan drama adu pinalti.

Pemain Persiga berkostum hitam dan pemain Bintang Selatan berkostum merah putih. (Foto: Asyraf Panitia TOPMENT)

Ratusan pendukung kedua kesebelasan yang memadati stadion Tomagoba pun dibuat tegang, pasalnya banyak penendang yang gagal menjebloskan bola dari titik putih.

Persiga memulai dari pemain nomor punggung 8, Alfaris Ramlan sebagai eksekutor pertama, namun tendangannya terlalu melebar ke kanan, dan Bintang Selatan menunjuk Ilham nomor punggung 11 menjadi algojo pertama yang tendangannya mampu ditangkap oleh Imam Fatur Rahman. Skor tetap 0:0.

Penendang kedua, Alvito Luhukay dari Persiga berhasil membuat gol dari tendangan kerasnya yang bersarang di sudut kiri gawang yang dikawal Sanjay Amir. Sementara M. Jiko Hi Ishak dari Bintang Selatan terlalu melebar ke atas dari mistar gawang. Skor menjadi 1:0.

Penendang ketiga Persiga diambil oleh Darman Selang, namun tendangannya berhasil ditangkap oleh Sanjay Amir. Sementara Gunawan Yakub dari Bintang Selatan mampu menyamakan kedudukan setelah tendangannya dapat dibaca tapi gagal ditepis. Skor menjadi 1:1.

Penendang keempat diambil oleh pemain Persiga nomor 14 atas nama Junait Hi. Adam namun gagal mencetak gol setelah bola dapat ditepis, sementara Bintang Selatan berhasil menambah keunggulan dari kaki Muammar Ilham yang dapat membuat gol dari sepakan yang menggoyang jala sebelah kiri. Skor menjadi 1:2.

Persiga kembali mengejar dari penendang kelima, yang dicetak oleh Fahmi A Latif yang berhasil membuat bola masuk ke pojok kanan gawang. Sementara pemain andalan Bintang Selatan, Fadel Ali gagal pinalti setelah tendangannya melebar ke kanan. Skor menjadi 2:2.

Setelah 5 penendang yang ditunjuk namun skor masih juga imbang, maka ditambah lagi penendang penentu. Dimana Persiga menunjik Junaidi Soleman yang rupanya tendangannya terlalu melebar ke kanan sementara penendang penentu kemenangan dari Bintang Selatan diambil penjaga gawang yaitu Sanjay Amir yang berhasil membuat gol penentu. Skor akhir menjadi 2:3.

Bintang Selatan pun melaju ke babak final, menunggu lawan yang akan ditentukan besok antara FC. Botafago dan Tian FC. Sementara Persiga Gamtafkange resmi menjadi juara tiga bersama. (0n9)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA