spot_imgspot_img

2021, Utang Pemerintah Provinsi Maluku Utara Capai 77 Miliar

SOFIFI, AM.com – Pemerintah Provinsi  (Pemprov) Maluku Utara (Malut) setiap tahun koleksi utang. Dimana tahun 2021, utang Pemprov Malut mencapai 77 miliar.

Pengakuan utang ini disampaikan langsung oleh kepala Badan Pengelahan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Ahmad Purbaya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (16/1/2022)

Mantan kepala Inspektorat Malut ini mengatakan, Utang khusus pihak ketiga di Pemprov Malut, per 15 Desember  2021 mencapai Rp 15 Miliar sesuai SPM yang masuk yang tidak terbayar tetapi hasil rekonsiliasi dua kali jumlah utang gabungan per 31 Desember 2021 tembus Rp 77 Miliar.

“Tapi kita harus verifikasi lagi sapa tahu bisa turun angkanya, karena diwajibkan vidio dan timescam,”katanya.

Menurutnya, karena rekonsiliasi utang ini hanya rekonsiliasi biasa secara administrasinya, maka itu pihaknya masih minta vidio, timescam dan lain-lain setelah itu baru menyurat ke DPRD.

“Kalau semua normal rencana di Februari mendatang, Pemprov sudah mulai pembayaran utang”,ujarnya.

Meski begitu, Kata Purbaya yang dibayar adalah bagi pekerjaan yang SPM masuk di Desember dan pekerjaannya sudah selesai seratus persen. Sedangkan kegiatan yang di Adendum – Adendum itu menunggu perubahan APBD.

Sebab, kalau dikatakan utang itu yang pekerjaannya sudah selesai di Desember anggaran di Kasda tidak tersedia maka masuk utang  kemudian ada pemeriksaan inspektorat.

“Kan utang setiap kalau tong mau bayar harus ada rekomendasi inspektorat”,ungkapnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL