spot_imgspot_img

Demo Dugaan KTP Siluman di Pilkades Ngele-ngele Kecil, Ini Penjelasan DPMD dan Dukcapil Morotai

Reporter: Maulud Rasai

MOROTAI,AM.com – Aksi unjuk rasa oleh masyarakat Desa Ngele-Ngele Kecil Kecamatan Morotai Selatan Barat (Morselbar), atas kasus dugaan penerbitan Kartu Tanda Penduduk (KTP) siluman oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Pulau Morotai.

Kepada sejumlah pemilih dalam kasus Pilkades Ngele-Ngele Kecil itu langsung direspon oleh Kadis Capil Pulau Morotai, Rajak Lotar yang ditemui di Kantor Polres Pulau Morotai menjelaskan, bahwa penerbitan KTP yang dilakukan oleh Dukcapil kepada sejumlah warga luar Morotai yang pindah ke Morotai, tidak ada kaitannya dengan kepentingan politik Pilkades.

“Selama sesuai prosedur kita tetap proses KTP-nya,” tegasnya.

Sebagaimana kasus Pilkades Ngele-Ngele Kecil, lanjut Dia, dimana salah satu Kaur Pemerintahan Desa Jere Kecamatan Galela Utara Kabupaten Halmahera Utara (Halut) yang ikut Pilkades di Desa Ngele-Ngele Kecil, menurut Rajak, secara adminitrasi yang bersangkutan sudah sah menjadi warga Morotai, karena adminitrasi kependudukannya sudah dihapus di Halut.

“Yang kaur itu dia iko prosedur. Kita terima karena berdasarkan surat pindah dari Halut. Jadi soal Pilkades itu urusan di desa. Yang kami Capil tahu, setiap warga yang pindah penduduk, adminitrasinya tetap kita proses,” jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Morotai, Ahdad Hi. Hasan, kepada ketika dikonfirmasi dikantornya menegaskan, warga yang sudah ber KTP Morotai tetap di wajibkan ikut Pilkades.

“Yang jelas basis data saya ada dua hal. yang pertama adalah DPT sebagai penyelenggara. Kenapa DPT, karena DPT itu sudah dilakukan penggodokan yang sungguh jauh oleh panitia desa. Yang kedua, nanti di DPT ada yang tercecer atau tidak ada, maka basis kedua adalah KTP. Jadi walaupun tidak ada dalam DPT, kalau punya KTP maka yang berangkutan punya hak,” tegasnya. (lud)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL