Total 88 Desa di Morotai, Hanya 13 Desa Laksanakan Pilkades Tanggal 12

Reporter: Maulud Rasai

MOROTAI,AM.com – Walaupun pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dilakukan secara serentak pada tanggal 12 Januari 2022, namun bukan berarti 88 Desa di 6 Kecamatan di Pulau Morotai diikut sertakan dalam proses Pilkades.

Pasalnya, pada pelaksanaan Pilkades di tanggal 12 nanti, hanya terdapat 13 Desa yang mengikuti Pilkades, sementara 77 desa lainnya belum diperbolehkan melaksanakan Pilkades dengan alasan belum mencapai target vaksinasi.

“Terkait dengan Pilkades serentak kita laksanakan. Namun yang melaksanakan pemungutan suara itu sesuai dengan Perbup nomor 40 perubahan ke 4, maka vaksinasi 70 dan 90 persen 70 persen untuk dosis dua 90 persen untuk dosis satu dan Alhamdulillah di tanggal 12 itu ada 13 Desa yang sudah ditetapkan mengikuti Pilkades,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Morotai, Ahdad Hi. Hasan, Senin (10/01/2022).

Menurutnya, dari ke 13 Desa yang bakal mengikuti Pilkades di tanggal 12 itu tersebar di 6 Kecamatan, namun dari ke 13 Desa yang mengikuti Pilkades itu paling banyak di Kecamatan Morotai Timur (Mortim).

“Diantaranya Kecamatan Pulau Rao Desa Lou Madoro, Kecamatan Selatan Barat desa Ngele-ngele kecil, Morotai Selatan desa Valila dan Sabatai Tua, Morotai Timur 7 Desa, Morotai Utara satu desa dan Morotai Jaya satu Desa,” jelasnya.

Sementara untuk desa lain yang belum melaksanakan Pilkades, lanjut Dia, pihaknya akan terus memperbaharui datanya untuk menetapkan pelaksanaan Pilkades di tanggal 13 Januari dan seterusnya.

“Jadi desa yang sudah menacapai target vaksinasi kami akan tetapkan lagi. Untuk kesiapan yang 13 desa sampai pada tingkat logistik, kemarin kurang lebih sudah 8 desa sudah didistribusikan dan kami targetkan hari ini semua sudah terdistribuusi,” akunya.

Ditanya soal kesiapan keamanan, dirinya mengaku bahwa untuk keamanan saat ini sudah sangat siap bahkan hal tersebut sudah dikonsultasikan ke Polres Pulau Morotai.

“Untuk keamanan kami konsolidasikan pihak Polres. Alhamdulillah dan hari ini sudah ada apel akbar untuk persiapan pemgamanan Pilkades tanggal 12,” katanya. (lud)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA