Sukseskan Sail Tidore, Pemprov Malut dan Pemkot Tikep Menghadap Kemenkomarves

Reporter: Ong Rasai

SOFIFI,AM.com – Pemprov Maluku Utara dan Kota Tidore Kepulauan (Tikep) terus membangun komunikasi dengan pemerintah pusat terkait pelaksanaan Sail Tidore 2022.

Pada 8 November 2021 kemarin, Sekretaris Daerah Samsuddin A Kadir, didampingi Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan, Ismail Dukomalamo dan Kadis Pariwisata, Tahmid Wahab melakukan koordinasi dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI (Kemenkomarves) dan Kementerian Perdagangan RI di Jakarta.

Pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil rapat antara Pemprov Malut dan Pemkot Tikep pada 30 Oktober 2021 lalu, dengan agenda pembahasan Surat Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Nomor 2300/MENKO/MARVES/HM.002.02/VI/2021 tertanggal 7 Juni 2021 tentang Penundaan Sail Tidore ke Tahun 2022.

Mereka diterima langsung oleh Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan, Kemenkomarves, Kosmos Harefa.

Kadisparekraf Malut, Tahmid Wahab menyampaikan dasar penundaan adalah mempertimbangkan kesiapan panitia pusat dan daerah dan penyebaran pandemi COVID-19 yang masih tinggi di Indonesia pada tahun 2021.

“Tujuan penundaan juga dimaksudkan Agar pelaksanaan Sail tidore dapat berjalan secara optimal sehingga dapat memberikan dampak ekonomi yang lebih baik di Provinsi Maluku Utara,” kata Tahmid kepada aspirasimalut.com, Sabtu (9/1/2022).

Dalam pertemuan itu, Samsuddin A Kadir menyampaikan kesiapan panitia daerah baik provinsi maupun Tikep. Kemudian, ia juga mempertanyakan revisi SK Sail Tidore 2022 serta kesiapan pemerintah pusat atau panitia Nasional.

Terkait hal itu, Kosmos menjelaskan, Menkomarves saat ini sedang mempersiapkan revisi SK dan akan di informasikan kembali setelah ditandatangani oleh Menko Luhut Binsar Pandjaitan.

“Setelah SK ditandatangani Menkomarves akan mengundang KL (Kementerian/lembaga) terkait untuk melakukan rapat guna mencari tahu kesiapan KL yang masuk dalam bidang panitia pusat,” jelas Kosmos.

Ia menghimbau kepada Pemprov dan Tikep agar lebih maksimal dalam rangka mempersiapkan infrastruktur pendukung Sail Tidore 2022. (*)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA