Pramuka SMPN 1 Halteng Study Tour di Tidore

TIDORE,AM.com – Dewan Galang Pramuka SMP Negeri 1 Halmahera Tengah (Halteng), mengadakan kegiatan study tour ke Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan yang berlangsung selama enam hari itu mengambil lokasi maincamp di Kelurahan Cobodoe.

Anwar Hadji, selaku Pembina Pramuka Dewan Galang Gam Range SMP 1 Halteng, mengatakan bahwa,” kegiatan study tour ini dilakukan sebagai ajang silaturrahmi dan memberikan peluang untuk para anggota Pramuka lebih mengenal adat dan budaya di Kota Tidore Kepulauan,” unkap Anwar. Selasa (4/1/2022).

Sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan, di hari pertama, para anggota Pramuka melakukan tour ke tempat bersejarah sperti Kadaton Kesultanan Tidore, sambil berdiskusi dengan para tetua yang berada di Kadaton.

Kesultanan Tidore melalui Nyira Ngare mengakui bahwa, ini merupakan kunjungan perdana yang sangat luar biasa, yang dilakukan oleh pelajar setingkat SMP di luar Kota Tidore Kepulauan.

“Kalian memang luar biasa, yang jauh-jauh dari Weda bisa datang ke sini, Jou Sultan Tidore semntara keluar daerah jadi beliau titipkan salam buat para orang tua dan masyarakat Halteng, bahwa Sultan Tidore sangat mengapresiasi kunjungan ini,” kata Nyira Ngare.

Di hari ketiga, SMK Negeri 3 Tidore Kepulauan tak luput dari kunjungan para anggota Pramuka dan disambut secara meriah oleh seluruh civitas akademika sekolah.

“Ini adalah study tour pertama ke sekolah kami, yang dilakukan oleh Pramuka di luar Tidore. Semoga hajatan seperti ini akan dilakukan juga oleh sekolah kami ke Halteng nanti,” kata Ahmad Usman, Kepala SMKN 3 Tidore Kepulauan yang juga sebagai Ketua Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tidore Timur.

Setelah dari SMKN 3 Tikep, para anggota Pramuka kemudian menuju ke Kelurahan Gurabunga. Di Kelurahan Gurabunga mereka disambut oleh Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Gurabunga (IPPMG) dan malamnya diadakan dialog bertemakan budaya dan saling bertukar tarian. Hi Abdullah Husain yang bertindak sebagai pemantik dialog sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

SMPN 1 Halteng saat berkunjung ke kampung adat Kelurahan Gurabunga

Setelah kembali ke maincamp, kegiatan dilanjutkan dengan berkunjung ke SMPIT Citra Umat.

“Saya sangat senang dan berterima kasih kepada adik-adik dewan Galang Gam Range SMPN 1 Halteng, karna memilih sekolah kami sebagai salah satu titik kunjungan dari kegiatan study tour ini,” ungkap kepala SMPIT Citra Umat yang biasa disapa ibu Ade Suryani dalam sambutannya sembari memberikan Sertifikat Apreasiasi ke SMPN 1 Halteng, sebagai bentuk ucapan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh sekolah yang dipimpin Rusli B.M Dji Husin ini.

Sekembalinya para anggota Pramuka dari SMPIT Citra Umat, mereka kemudian beristirahat sambil menunggu jadwal selanjutnya utk dua hari ke depan sesuai dengan jadwal yang sdah tersedia.

Vicky Yoel salah satu anggota Pramuka SMPN 1 Halteng merasa senang sekaligus bangga dengan kegiatan study tour ini.

“Kami sangat senang dengan kegiatan ini, selain sebagai ajang silaturrahmi antara sesama kami, kami bisa tau tempat-tempat sejarah dan sekolah-sekolah yang ada di Tidore, yang paling luar biasanya adalah kami diberikan kesempatan berkunjung ke kadaton Tidore, walaupun belum sempat bertemu dengan Sultan, karna selama ini orang tua kami saja belum pernah sampai ke kadataon,” ungkap Vicky.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA