Gubernur Resmi Kukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Malut

Reporter: Ong Rasai

TERNATE,AM.com – Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku Utara resmi berganti pimpinan. Hal tersebut ditandai dengan upacara pengukuhan oleh Gubernur Maluku Utara kepada Edi Suharto sebagai Kepala BPKP yang baru menggantikan Aryanto Wibowo bertempat di Hotel Daffam (4/1/2022).

Pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara berdasarkan pada surat keputusan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Nomor KEP-622/K/SU/2021 turut disaksikan langsung oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Raden Suhartono.

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba, Lc melalui sambutannya menyampaikan, Pergantian pejabat dan mutasi personel di lingkungan sebuah lembaga dan instansi daerah maupun vertikal seperti yang terjadi pada BPKP perwakilan Maluku Utara merupakan sebuah siklus positif sebagai bentuk realisasi dari kebijakan pimpinan dalam rangka regenerasi dan tuntutan kebutuhan organisasi guna mengoptimalkan tugas dan fungsi Perwakilan BPKP di daerah ini.

“Sebagai Gubernur Maluku Utara dan pemerintah daerah Provinsi Maluku Utara kami pun berharap Bersama BPKP ke depan, tata kelola Pemerintahan Provinsi Maluku Utara terutama tata kelola keuangan dan pembangunan daerah akan ada perbaikan-perbaikan yang sangat signifikan,” ucapnya.

Selain itu Gubernur juga mengatakan terkait banyak hal yang bisa dilakukan dengan pengawalan BPKP sehingga inovasi di daerah dalam hal pelayanan dan kesejahteraan masyarakat lebih maksimal lagi dan hasil pengawasannya dapat linier dengan hasil pemeriksaan BPK RI.

Orang nomor satu di Malut ini mengingatkan kepada kita semua bahwa salah satu faktor pemulihan ekonomi pasca pandemi covid 19 adalah adanya belanja pemerintah yang cukup besar di Provinsi Maluku Utara dimana untuk pemerintah provinsi Maluku Utara mendapat alokasi anggaran Rp. 14,68 Triliun yang dipruntukan baik dalam alokasi anggaran kepada satuan kerja maupun alokasi dana transfer dan dana desa ke daerah.

“pentingnya instrumen APBN dalam mengintervensi kegiatan ekonomi masyarakat sehingga mampu mencetak pertumbuhan ekonomi yang positif”. Pintah Gubernur

Dirinya pun berharap agar semua daerah penerima dana APBN tahun 2022 dapat meningkatkan kualitas belanja melalui perencanaan dan pelaksanaan anggaran yang baik dan berkelanjutan serta tidak ada penyalahgunaan anggaran. Demikian Gubernur Mengakhiri sambutannya.

Sementara itu, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Raden Suhartono saat memberikan sambutan menyampaikan apresiasi, bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan pembangunan gedung kantor dan rumah ASN yang baru di Sofifi.

“kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Bapak Gubernur yang telah telah memberikan hibah tanah untuk pembangunan gedung kantor tersebut”. Ucapnya

Menurutnya, Dalam rangka pembangunan kota sofifi, tentunya pembangunan gedung kantor BPKP tersebut menjadi bagian yang terkait untuk mempercepat terwujudnya pengembangan infrastruktur di Sofifi.

Olehnya itu dirinya berharap kepada Bapak Gubernur, sekiranya dapat memasukkan kegiatan pembangunan gedung kantor BPKP tersebut kedalam bagian anggaran paket pembangunan kota baru sofifi yang dibiayai oleh kementerian PUPR. Ungkap Raden Suhartono.

Kegiatan Pengukuhan dan serah terima jabatan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Malut tampak dihadiri oleh Forkopimda Malut, Sekretaris Daerah Provinsi Malut, Samsuddin A. Kadir, Sekkot Ternate Jusuf Sunya, Kepala Inspektorat Malut Nirwan M.T Ali, perwakilan Instansi vertikal beserta tamu undangan lainnya. (rLS)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA