City Branding “Ternate Kota Rempah” Resmi Dilaunching

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – City Branding “Ternate Kota Rempah” secara resmi Dilaunching oleh Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman dan ditandai dengan pemukulan tifa (Alat musik tradisional khas Ternate) secara bersamaan diikuti Wakil Wali Kota Ternate, Jasri Usman, Kapolres Kota Ternate, AKBP Aditya Laksimada, dan Ketua PKK Kota Ternate, Marlisa M. Tauhid.

Peluncuran ini bertempat di Benteng Oranje Ternate pada Rabu (29/12/2021) malam.

Wali Kota Ternate dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kota Ternate telah luncurkan identitas Ternate dalam Hari Jadi Ternate (HAJAT) Ke 771. HAJAT ke 771, adalah bentuk penghormatan secara simbolis untuk merefleksi perjalanan sejarah panjang 1250 sampai 2021, dari foramadiahi turun dan pikat menjadi Tara No Ate hingga menjadi Kota Ternate. 

Wali Kota menyebutkan, Ternate telah dikenal dari penjuru dunia pada abad-abad sebelumnya, aroma cengkih dan pala telah merasuki hingga ke sendi-sendi kehidupan Negara-negara Eropa, sampai ke Negara-Negara di Jazirah Arab. 

Dia mengatakan, aroma cengkih dan pala juga merupakan penanda untuk memancing para penjelajah dunia untuk datang ke negeri ini. Tidak salah, jika Columbus dengan tujuan mencari Ternate, tetapi tersesat dan menemukan sebuah benua, yang kini dinamakan Amerika.

Wali Kota menuturkan, HAJAT Tahun ini sangatlah bernilai dan sarat akan makna, karena di tahun ini, kali pertama pemerintah kota Ternate berinisiatif dan sekaligus melaunching sebuah harapan baru untuk masyarakat kota Ternate, yakni kota Ternate sebagai Kota Rempah. 

“Aroma rempah akan dihidupkan lagi untuk mempertegas, bahwa Ternate menjadi episentrum peradaban kota Rempah yang harus diakui di mata Nasional maupun di mata internasional,” tutur Wali Kota.

Terlepas dari itu semua, lanjut dia, Ternate dengan landasan 7 nilai kebudayaan, dinaungi oleh Kesultanan Ternate, telah menjadikan Ternate sebagai wilayah yang disegani oleh para kolonial pada masa itu. 

“Mari kita lihat dan baca kembali sejarah perjuangan para pahlawan-pahlawan kita, yang berani mempertaruhkan hidup dan matinya hanya untuk mempertahankan wilayah territorialnya, harga diri, dan identitas kebudayaan untuk anak cucu kedepan . Karena hari ini, kita telah menikmati hasil dari perjuangan mereka,” pintanya.

“Kita telah merayakan hasil perjuangan itu, dengan membangkitkan kembali semangat perjuangan dengan mengidentitaskan Ternate sebagai kota Rempah,” jelasnya.

Tugas yang harus ditindaklanjuti hari ini, lanjut dia, harus mengembalikan kejayaan Ternate di mata dunia, dengan mempertahankan 7 nilai kebudayaan Ternate.

“Saya sebagai Walikota Ternate, saya yakin ini adalah langkah dan niat baik kita semua untuk menjadikan kota Ternate yang Mandiri dan Berkeadilan, dan saya akan selalu berupaya berbuat untuk negeri yang kita cintai ini,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA