Wali Kota Ternate Pimpin Upacara HAJAT Ke 771, Ini Nilai Adat Ternate

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman memimpin upacara Hari Jadi Ternate (HAJAT) Ke 771 di halaman Kantor Wali Kota Ternate pada Rabu (29/12/2021). Puncak hari jadi Ternate dengan tema “Ternate Kota Rempah”.

Hajat kali ini, sangat berbeda dengan Tahun sebelumnya, dimana panitia menceritakan kehadiran Kesultanan di Maluku Utara melalui teater Tujuh Bidadari.

Wali Kota Ternate dalam sambutannya menyampaikan, sebagai warga Ternate haruslah mengikat tatanan perilaku dengan nilai-nilai Adat se Atoran (Kebiasan dan hukum), Istiadat se Kabasaran (Kebiasaan dalam menjalankan aktivitas religi), Galib se Lakudi (Ketapan dan ketentuan), Sere se Duniru (Tata cara dan aturan hukum), Cing se Cingare (Pengawasan dan diawasi), Baso se Rasai (Rasa dan merasakan), Cara se Ngale (Jalan Tuhan yang harus ditempuh), Loa se Banar (Jalan yang lurus dan benar), Duka se cinta (Kesedihan dan cinta), Baso se Hormat (Rasa dan menghormati).

Diusia 771, lanjut Wali Kota, Ternate juga harus lebih baik dan matang dalam mewujudkan identitas ke-ternate-annya sebagai the Space City (Ternate Kota Rempah). 

Wali Kota menuturkan, Kota Rempah memberi makna bahwa Ternate merupakan negeri yang mempunyai magnet untuk mempertemukan bangsa-bangsa Eropa dalam perjalanan mencari sumber Rempah di masa lampau. Seperti halnya dengan terminologi Tara No Ate, turun dan merangkul semua orang tanpa memandang golongan dari manapun.

“Pada kesempatan Upacara yang khidmat ini, perayaan hari Jadi Ternate ke-771 ini bukan hanya dimaknai sekedar seremoni memperingati hari jadi semata. Akan tetapi lebih dari pada itu, perayaan ini adalah merupakan hajatan dari kita semua seluruh elemen masyarakat Kota Ternate,” terangnya.

Orang nomor satu di Kota Ternate ini mengatakan, perayaan HAJAT 771, memberi semangat untuk menegaskan kembali identitas Ternate sebagai Kota Rempah, menguatkan geneologi sejarah, sosial dan budaya, sertastrategi kolaboratif dengan keterlibatan seluruh stakeholder dalam rangka komitmen bersama seluruh warga Kota Ternate untuk membangun, menjaga dan memelihara Kota Ternate.

Sekedar di ketahui, hadir dalam Upacara HAJAT ini diantaranya, Wakil Wali Kota Ternate Jasri Usman, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, pimpinan DPRD bersama Anggota, Mulia Sri Sultan Ternate, Sekertaris Daerah Kota Ternate, Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala BPRS Ternate, Para Bobato Adat Kesultanan Ternate, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate beserta jajarannya.

Ketua Pangguyuban Se-Kota Ternate, Ketua-ketua OKP, Ormas dan Ketua LPM se-Kota Ternate, Para Pejabat Struktural serta Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Pemerintah Kota Ternate.

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA