Pemda Siap Dorong ASN Kuliah Pascasarjana di UNIBRAH

Reporter: Ong Rasai

SOFIFI,AM.com – Rencana membuka program Pascasarjana di Universitas Bumi Hijrah (UNIBRAH) Maluku Utara rupanya tak hanya menjadi isapan jempol belaka. Pihak kampus telah melaksanakan akreditasi institusi yang menjadi syarat dibukanya program master tersebut.

“Apabila sudah akreditasi institusi maka Unibrah sudah bisa membuka program Pascasarjana, dan saat ini sudah masuk ke dalam sistem kami,” kata Kepala LLDIKTI wilayah XII, saat ditemui di acara wisuda Unibrah angkatan IV, Rabu (29/12/2021).

Rektor Unibrah, Sarbaini A Karim menyebutkan, pihaknya berencana akan membuka dua program studi Pascasarjana, yakni Program Magister Ilmu Pemerintahan dan Program Magister Ilmu Pendidikan dan Keguruan, yang rencananya akan dibuka pada tahun 2022.

“Untuk SDM kita sudah punya 10 doktor, dan yang lainnya sementara proses menyelesaikan program doktor, artinya kami siap,” tegasnya.

Rencana itu rupanya mendapat sambutan positif dari Pemerintah Daerah (Pemda), baik Pemda Provinsi Maluku Utara maupun Pemda Kota Tidore Kepulauan.

“Tahun depan itu jabatan analisis kebijakan minimal harus S2, kalau yang belum hanya diberikan waktu 4 tahun untuk ambil master, apabila tidak ambil setelah 4 tahun maka jabatannya akan dicopot,” kata Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Syamsuddin A. Kadir.

“Sehingga tanpa disuruh atau mau tak mau ASN harus mengambil program master,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Kota Tidore Kepulauan, Capt. Ali Ibrahim juga sangat mendukung dan memberikan apresiasi kepada kampus untuk membuka program pascasarjana.

“Penguatan dan peningkatan mutu pendidikan wajib kita perjuangan, sehingga itu Pemerintah Kota Tidore Kepulauan berkomitmen untuk mendukung kampus Unibrah,” kata walikota dua periode itu.

Sehingga itu pihaknya akan mendorong ASN Kota Tidore Kepulauan, yang mengambil program master di Universitas Bumi Hijrah.

“Yah tentu kita dorong ASN untuk ambil master di Unibrah, bahkan saya juga mungkin bisa jadi dosen di Unibrah karena tahun depan sekolah doktoral saya juga selesai,” pungkasnya. (****)

spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA