spot_imgspot_img

Pemkot Ternate Undang Berbagai Suku, Agama Hingga Berbagai Event dalam HAJAT 771

Reporter: Dirman Umanailo


TERNATE,AM.com – Hari Jadi Ternate (Hajat) Ke 771 yang jatuh pada 29 Desember Tahun 2021 akan dimeriahkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Panitia HAJAT. Bahkan, dalam pelaksanaan upacara Panitia juga mengundang berbagai Suku dan Agama di Kota Ternate.

Ketua Panitia HAJAT 771, Rizal Marsaoly mengatakan, HAJAT Tahun ini diawali dengan pembacaan Doa Syukuran yang bertempat di Masjid Kesultanan Ternate selepas Sholat Subuh. Pembacaan tersebut akan dilibatkan para Imam, Tokoh Agama, Tokoh Adat di Kesultanan sebanyak 30 orang.

Setelah pembacaan Doa Syukuran, sambung Rizal, dilanjutkan dengan upacara yang dipusatkan di halaman Kantor Wali Kota Ternate pada Pukul 7.30 hingga 09.00 pagi. Kata Rizal, upacara yang dilaksanakan bakal melibatkan orang Jawa, Palembang, dan Sumatra.

“Selain melibatkan orang dari luar Maluku Utara, panitia juga mengundang tujuh Agama di Kota Ternate, yakni Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu,” tuturnya.

Bahkan, Rizal bilang panduan suara dalam upacara tersebut diambil dari Kelompok Persatuan Gereja. Sedangkan MC, disiapkan dua, satu Bahasa Ternate dan Bahasa Indonesia.

Untuk OPD yang hadir dalam upacara, lanjut Rizal, satu Organisasi Perangkat Daerah bisa mewakili 4 orang, 2 perempuan dan 2 laki-laki.

“Busana yang dipakai dalam acara itu semuanya menggunakan pakaian adat, dan kami sudah menyurat di masing-masing OPD. Untuk Gladi bersih kami lakukan di Tanggal 27 Desember,” ucapnya.

Rizal mengatakan, usai upacara akan dilakukan Paripurna HAJAT ke 771. Kemudian pada Malamnya, dilakukan Launching City Branding Kota Ternate.

Untuk acara pesta komunitas Ternate kata Rizal, dilaksanakan pada 27 – 29 Desember di Benteng Oranje Ternate, yakni Ekspo UMKM, Ternate Bouldering, Fort Camp, Tarian-tarian, Pemutaran Film Sineas Lokal, Panggung Musik dan Budaya, Launching City Branding Kota Ternate, Launching Anthem Hajat, Launching Kompilasi Kong (Alternative Rock Album Music), Sharing Komunitas, Sharing UMKM, Workshop dan Talkshow, pembagian Botol Sirup Pala, Award.

“Jamuan makan rempah-rempah program Ekraf, pameran foto geopark Ternate, booth komunitas, booth UMKM, booth kedai kopi,” paparnya.


“Taggal 29 itu juga kami akan membagikan hadiah berbagai kegiatan yang dilombakan dalam menyambut hari jadi Ternate, mau itu Festival Barangka (Kali Mati), hias Tempat Pembuangan Sampah (TPS), dan Batulis HAJAT,” terangnya. (*)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL