Ini Makna Logo Hari Jadi Ternate ke 771 Tahun

Reporter : Dirman Umanailo

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman Saat Lauching Logo Hajat ke 771 / Foto : Edo Hoku

TERNATE, AM.com – Setelah Wali Kota Ternate meluncurkan Logo Hari Jadi Ternate atau HAJAT ke 771 Tahun pada, 5 Desember, tentunya memiliki makna folosofi yang mendalam. Sebab, peringatan yang dilaksanakan setiap tanggal 29 Desember ini, tentunya memiliki memili sejarah panjang. Berikut makna logo Hajat ke 771 Tahun.

Kepada media ini, Ketua Panitia HAJAT 771 Rizal Marsaoly menjelaskan, bawah bentuk dasar Logo HAJAT ini trinspirasi dari Saloi atau tas keranjang tradisional yang biasanya digunakan untuk membawa hasil kebun.

Kata Rizal, secara tersirat Saloi sebagai wadah melambangkan kemandirian, sumber penghidupan dan kebersmaan, Saloi terbuat dari anyaman rotan atau bambu dengan tingkat presisi dan nilai seni yang indah. 

“Secara filosofis anyaman berarti kolaborasi antara stake holder dengan output yang terukur dan kebermanfaatan yang luas,” jelasnya.

Rizal menjelaskan, Logo ini memakai warna coklat yang merupakan unsur bumi dan dominasi warna ini akan memberi kesan hangat, nyaman dan aman. 

“Secara psikologis warna coklat akan memberi kesan kuat dan dapat diandalkan juga melambangkan sebuah pondasi dan kekuatan hidup,” tuturnya.

Logo yang menbentuk angka 771 ini, lanjut dia, tersusun dari 12 segitiga, 5 garis dan area kosong (0) yang memisahkan bidang dan menandai 1250 sebagai Tahun awal berdirinya sebuah entitas besar di Maluku Utara dengan kekuatan rempah yang kemudian menjadi sebuah peradaban, yang menguatkan berbagai sektor.

“Dan 1250 Pula lah yang akan menandai jejak awal Nusantara dikenal di Dunia dari sebuah Negeri di Utara Timur Indonesia yang menjadi titik Nol rempah Dunia yang berada di Ternate,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA