Tahun Depan, Pemkot Ternate Rubah Wajah Tiga Kecamatan Terluar

Reporter : Dirman Umanailo

TERNATE, AM.com – Wali Kota, M. Tauhid Soleman dan Wakil Wali Kota Ternate, Jasri Usman telah menepati janji dalam kampanye politik Tahun 2020, khususnya pembangunan di 3 (tiga) Kecamatan Terluar, yakni Kecamatan Batang Dua, Kecamatan Pulau Hiri, dan Kecamatan Moti atau disebut Program Peduli BAHIM. 

Hal ini dibuktikan dengan berbagai kegiatan fisik yang dialokasikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) dalam APBD Tahun Anggaran 2022 sebesar Rp30 Miliar.

Kepala Bappelitbangda, Rizal Marsaoly mengatakan, Pemkot Ternate mulai fokus di tiga Kecamatan terluar untuk melakukan perbaikan beberapa sarana dan prasarana. 

“Semisalnya, jalan, gedung pertemuan, penerangan jalan umum, air bersih, pembangunan dermaga hiri dan pembangunan Wisata di Kelurahan Faudu Kecamatan Hiri,” kata Rizal kepada media saat dikonfirmasi, Sabtu (04/12/2021).

Rizal menyebutkan, kegiatan yang telah disampaikan itu sudah masuk dalam APBD 2022 sebesar Rp25 Miliar sampai Rp30 Miliar.

Anggaran tersebut, kata Risal, merupakan wujud dari komitmen Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk implementasi 14 program prioritas.

Selain itu, Rizal menyampaikan, kegiatan yang akan dilaksanakan di tiga Kecamatan terluar tidak hanya Fisik, tetapi juga Non-Fisik yang akan di implementasi melalui beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Kalau Non-Fisik itu kan ada program-program pemberdayaan masyarakat, seperti sosialisasi, kesadaran masyarakat, pemberdayaan ekonomi, dan edukasi,” jelasnya.

Dengan tujuan, tiga Kecamatan terluar ini mempunyai peran yang bisa diandalkan di Tahun 2022 hingga empat tahun kedepan. 

“Penguatan kerangka dasarnya itu, dalam APBD 2022, nanti secara bertahap sampai di Tahun seterusnya, agar Visi – Misi Pak Wali dan Pak Wakil bisa terjawab,” pungkasnya.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA