spot_imgspot_img

Wali Kota Ternate Paparkan 4 Poin Ekraf di Acara ICCF 2021 Pekanbaru

Reporter : Dirman Umanailo

Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman Berikan souvenir/cendera mata kepada Menteri BUMN Erick Thohir

RIAU, AM.com – Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman didampingi Kepala Dinas Pariwisata Rizal Marsaoly mengikuti acara Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) Tahun 2021 yang dilaksanakan di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada 26 – 29 November 2021 mendatang.

Sekadar diketahui, muasal dari ICCF sejatinya tidak terlepas dari keberadaan kota kreatif yang saling membentuk jaringan dibawah Indonesia Creative Cities Network atau ICCN.

Maksud dari ICCF adalah satu diantara produk dari ICCN yang ditandai dengan sejumlah kegiatan seperti pameran capaian produk kreatif Indonesia, hingga ajang pertukaran pikiran bagi seluruh pihak terkait yang berkompeten dengan industri kreatif Nusantara.

Dalam rangkaian acara ICCF pada 27 November 2021 malam, Creative Leaders Forum atau Forum Pemimpin Kreatif 1 dihadiri langsung lima kepala daerah, yakni;  Wali Kota Payakumbuh, Wali Kota Banjarmasin, Wali Kota Padang, Wali Kota Kendari, Wali Kota Ternate.

Dikesempatan itu, Wali Kota Ternate memaparkan empat poin rencana kegiatan Ekonomi Kreatif atau Ekraf dalam acara ICCF 2021, diantaranya: 

1. Pengembangan dan Revitalisasi Prasarana Kota Kreatif.

2. Penyediaan prasarana (Zona kreatif, ruang kreatif, dan kota kreatif) sebagai ruang berekspresi, berpromosi, dan beriteraksi bagi insan kreatif di daerah Kabupaten/Kota.

3. Pelaksanaan peningkatan kapisitas sumber daya manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

4. Fasilitasi proses kreasi, produksi, distribusi, konsumsi dan konservasi ekonomi kreatif 

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengatakan, para pemimpin daerah telah hadir di acara tersebut dan berkomitmen dalam berbagai upaya memuliakan kreativitas masyarakat serta memajukan produk lokal turut mengambil peran mengisi konferensi kreatif tahunan Indonesia Creative Cities Conference atau Konfrensi Kota Kreatif Indonesia, yang dipersembahkan oleh ICCN.

Meskipun sempat terkendala dengan pandemi Covid-19, namun kata Rizal, ICCC sebagai program tahunan ICCN ini akhirnya dapat kembali diselenggarakan, dalam rangkaian kegiatan ICCF 2021 di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, selama dua hari, mulai pada 27 – 28 November 2021 pelaksanaan ICCC.

Dalam acara tersebut, lanjut Rizal, pembahasannya beragam topik termasuk mengenai pentingnya menghadapi kondisi Indonesia sekarang hingga pasca pandemi, serta memastikan keberlanjutan komitmen untuk mewujudkan Kabupaten dan Kota Kreatif.

“Serta menjamin terlaksananya 10 Prinsip Kota/Kabupaten Kreatif demi kemaslahatan masyarakat,” terangnya.

Dalam acara itu, Wali Kota Ternate juga memberikan souvenir kepada Menteri BUMN Erick Thohir sebuah Plakat berisikan parang, salawaku dan ngana ngana atau dibuat dari daun palem/woka, yang dibuat begitu indah oleh pengrajin kreatif lokal bernama “Rahmat” dari Kelurahan Dufa-dufa, Kecamatan Ternate Utara.

Semanatara itu, Rizal menuturkan percakapan Menteri BUMN Indonesia Erick Thohir dengan Wali Kota Ternate, bahwa beliau berkeinginan ke Kota Ternate.

“Saya mau ke Kota Ternate Pak Wali,” kata Erick Thohir.

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ASPIRASI NEWS

ADVERTORIAL

ASPIRASI SOFIFI

ASPIRASI TERNATE

ADVERTORIAL