Kepala BKPSDM Kota Ternate Beberkan Jabatan yang Dilelang

Reporter: Dirman Umanailo

TERNATE,Am.com – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Ternate, telah menyampaikan tiga dokumen lelang jabatan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Tiga dokumen ini diantaranya; jenis jabatan, Panitia Seleksi (Pansel), waktu pelaksanaan dan mekanisme lelang.

Kepala BKPSDM Samin Marsaoly mengatakan, setelah tiga dokumen disampaikan ke KASN, maka BKPSDM menargetkan dalam Minggu ini sudah ada persetujuan sesuai dengan dokumen yang disampaikan.

“Maka kami akan menjadwalkan pengemuman lelang jabatan pada 29 November 2021 mendatang,” kata Samin pada Rabu (24/11/2021).

Lelang jabatan ini, kata Samin, telah dibentuk Pansel sebanyak 5 orang sesuai dengan dokumen yang disampaikan ke KASN diantarnya, unsur Akademisi 2 orang, Pemerintah Kota Ternate 2 orang, dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) 1 orang.

“Pansel yang dibentuk itu, rencananya diketuai Prof. Saiful Deni,” ucap Samin kepada Wartawan di depan Kantor Wali Kota Ternate.

Samin bilang, lelang jabatan kali ini sangat berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya, karena Pemerintah melibatkan BKN masuk dalam Pansel untuk seleksi langsung peserta yang mengikuti lelang jabatan.

“Entah itu, BKN pusat mau rekomendasikan dari Pusat atau diambil dari Regional XI BKN Manado,” ujarnya.

Samin menuturkan, lelang yang dilaksanakan secara terbuka, maksudnya ASN dari luar daerah pun bisa mengikuti asalkan memenuhi persyaratan yang dimintai BKPSDM.

Sebab, jabatan yang dilelang, lanjut Samin, yakni; Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala BPKAD, Kepala BP2RD, Sekretaris Dewan Kota Ternate, dan Kepala Dinas Perikanan.

Menurutnya, informasi selanjutnya terkait dengan tata cara lelang jabatan akan disampaikan oleh pansel pada Senin mendatang, karena sudah menjadi ranah Pansel.

“Namun, yang pastinya tidak ada intervensi pemerintah karena Pansel lelang jabatan melibatkan BKN,” ungkapnya.

Dia menargetkan, pada akhir bulan Desember sudah ditetapkan oleh Wali Kota Ternate M. Tauhid Soleman selaku Ketua PPK.

“Yang pastinya itu, Minggu depan kami berikan waktu untuk pansel, jika sudah dilakukan pengumuman dan pendaftaran. Tetapi belum memenuhi kuota, kita akan perpanjang 3 hari kedepan sebagaimana amanah dari PP Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil,” jelasnya.

Selain itu, Samin menyampaikan, lelang jabatan ini dilakukan lantaran jabatan Pelaksana Tugas (Plt) tidak bisa melebihi enam bulan. Dan ini sesuai dengan harapan Wali Kota Ternate, dengan tujuan saat pelaksanaan APBD 2022 sudah tidak ada lagi Plt.

“Maksudnya, ada kebijakan kebijakan strategis yang harus diambil, sayang kalau jabatan – jabatan itu di isi pelaksana tugas, karena ruang gerak terbatas,” pungkasnya. (Ckr)

spot_imgspot_img
spot_imgspot_img

ADVERTORIAL

ASPIRASI NEWS

ASPIRASI TERNATE

POLMAS

NASIONAL

DUNIA